ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Smartphone

Perbandingan OPPO Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip4 – Sama-sama Flip Tapi Beda Spesifikasinya

Perbandingan OPPO Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip4 - Header

Gadgetren – Perusahaan OPPO ikut meramaikan kembali pasar ponsel lipat dengan memperkenalkan sebuah perangkat baru bernama OPPO Find N2 Flip yang mana secara khusus juga diboyong ke Indonesia.

Yang cukup menarik, ponsel lipat baru dari OPPO tersebut tidak akan bersaing lagi dengan lini keluarga Samsung Galaxy Z Fold seperti yang dilakukan sebelumnya dengan OPPO Find N. Nantinya OPPO Find N2 Flip justru akan berhadapan langsung dengan Samsung Galaxy Z Flip4.

OPPO Find N2 Flip soalnya kini memakai desain clamshell atau cangkang kerang seperti Galaxy Z Flip4 alih-alih kembali menggunakan bentuk buku yang dibuka menyamping. Hanya saja di luar bentuknya, spesifikasi yang digunakan memang sangat jauh berbeda.

Perbandingan OPPO Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip4

Perbedaan dari kedua perangkat lipat tersebut bahkan sudah bisa kita lihat dari layar yang menjadi andalan mereka. OPPO Find N2 Flip dan Galaxy Z Flip4 menggunakan panel utama maupun sekunder dengan spesifikasi yang lumayan berlainan.

Untuk layar utama, OPPO Find N2 Flip menggunakan LPTO AMOLED 6,8 inci dengan resolusi 2520 x 1080 piksel. Sementara Galaxy Z Flip4 memakai teknologi Dynamic AMOLED 2X 6,7 inci yang mendukung tampilan 2640 x 1080 piksel.

Pada layar sekundernya, OPPO Find N2 Flip mengandalkan AMOLED berukuran 3,26 inci beresolusi 720 x 382 piksel dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Jadi lebih besar ketimbang layar Super AMOLED 1,9 inci 512 x 260 piksel milik Galaxy Z Flip4 yang dilapisi Corning Gorilla Glass Victus+.

Perbandingan OPPO Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip4 - 1

OPPO Find N2 Flip

Dalam menunjang kemampuannya, perangkat tersebut juga lahir dengan dukungan dapur pacu yang sangat jauh berbeda. OPPO Find N2 Flip secara khusus mempercayakan sektor pengolahan datanya kepada MediaTek Dimensity 9000+ sedangkan Galaxy Z Flip4 Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1.

Kedua chipset ini tentu menawarkan kinerja dan berbeda yang berbeda. Meskipun menggunakan konfigurasi inti dan proses manufaktur yang sama, Dimensity 9000+ misalnya bisa dipacu hingga 3,20GHz dan mempunyai GPU ARM Mali-G710 MC10 sementara Snapdragon 8+ Gen 1 hanya sampai 3,18GHz dengan pemroses grafis Qualcomm Adreno 730.

Kita pun bakalan bisa semakin membedakannya dari spesifikasi kamera yang dibawa oleh kedua perangkat tersebut. OPPO Find N2 Flip membawa lensa utama 50MP, sudut lebar 8MP, dan selfie 32MP saat Galaxy Z Flip4 hanya 12MP, 12MP, dan 10MP jika dilihat dalam urutan yang sama.

Perbandingan OPPO Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip4 - 2

Samsung Galaxy Z Flip4

Kemampuan perekaman video dari kamera depan OPPO Find N2 Flip sayangnya justru sedikit lebih rendah. Meskipun mempunyai resolusi yang lebih tinggi, perangkat tersebut hanya mampu merekam hingga 1080p di 30fps padahal Galaxy Z Flip4 bisa sampai 4K.

Sektor baterai juga menjadi pembeda yang selanjutnya dari kedua perangkat tersebut. OPPO Find N2 Flip secara khusus mempunyai kapasitas hingga 4.300mAh di mana jauh lebih besar ketimbang Galaxy Z Flip4 yang hanya mempunyai 3.700mAh.

Ditambah lagi, OPPO Find N2 Flip mendukung teknologi 44W SuperVOOC Flash Charge yang mampu mengisi baterai hingga 50 persen dalam kurun waktu 23 menit. Sementara Galaxy Z Flip4 hanya mengandalkan 25W Super Fast Charging yang memerlukan waktu 30 menit untuk kapasitas serupa.

Untung sebagai gantinya, Galaxy Z Flip4 sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian nirkabel berdaya 15W. Selain itu terdapat juga sertifikasi IPX8 yang akan memastikan perangkat Samsung tersebut lebih tahan terhadap percikan air.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar