ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 – Cukup Bersaing, Desain Modern

Review Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 Header

Review Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7
  • Layar - 7/10
    7/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.2/10

Kesimpulan

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 memang membawa kinerja tangguh untuk keseharian yang dibalut desain modern. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang Disukai

  • Performa Ryzen 3 andal untuk keseharian
  • Sudah ada SSD yang cepat
  • Desain terlihat premium dan modern
  • Baterai tahan lama
  • Penuh fitur menarik
  • Webcam dengan Shutter Privacy

Yang Tidak Disukai

  • Layar masih panel TN
  • Keyboard kurang memuaskan
  • Belum ada sensor pindai jari

Gadgetren – Lenovo kerap menghadirkan laptop dengan harga terjangkau, namun memiliki dapur pacu yang terbilang sangat kompetitif di kelasnya.

Hal yang sama juga terjadi pada Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 yang membawa spesifikasi menarik lewat Ryzen 7000 Series pada dapur pacunya.

Tim Gadgetren pun berkesempatan untuk menggunakannya selama beberapa minggu. Ini ulasan dan pengalaman menggunakan Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 dalam keseharian.

Lenovo IdeaPad Slim 1 membawa desain yang sudah tidak asing lagi sebagai laptop Lenovo masa kini. Tampilan luarnya terlihat sangat minimalis dengan tidak banyak pernak pernik menghiasi bagian penutupnya selain tulisan Lenovo di salah satu pojoknya.

Permukaan bodinya diselimuti warna perak yang menyerupai metal sehingga membuat laptop ini tampak premium walaupun sebenarnya terbuat dari rangka plastik yang cukup kokoh. Ditambah lagi laptop ini pun sesuai namanya terbilang ringkas dan tipis sehingga semakin menambah kesan premium yang ditampilkan.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 (3)

Dengan bobot sekitar 1,4 Kg, laptop ini tentunya bakal mudah untuk dibawa ke mana saja. Apalagi laptop ini pun menyediakan port yang terbilang cukup lengkap jadi tidak perlu repot membawa dongle. Mulai dari USB-A, USB-C, HDMI, 3,5mm audio combo, hingga SD Card reader tersedia untuk digunakan.

Ketika penutup laptop dibuka akan langsung disajikan layar 14 inci. Namun yang sangat menarik, Lenovo IdeaPad Slim 1 mempunyai fitur dimana saat penutup dibuka akan langsung menyalakan laptop sehingga tidak perlu menekan tombol power.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 (4)

Sementara itu, layarnya sangat disayangkan masih menggunakan panel TN yang mana akan ada distorsi warna ketika dilihat tidak langsung dari depan seperti dari samping. Untungnya distorsi yang muncul tidak terlalu tampak selain benar-benar dalam sudut padang yang ekstrem.

Layarnya pun memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dengan tingkat kecerahan 220 nits dan sudah dilapisi anti glare yang mana membantu konten yang tampil dapat tetap terlihat dengan baik. Sayang memang untuk harganya layar Lenovo IdeaPad Slim 1 masih belum menggunakan panel IPS.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 (2)

Akan tetapi selama masa pengujian dalam sehari-hari untuk mengetik maupun bekerja, layar laptop ini sudah memadai dan tidak menjadi suatu hambatan. Soal audio laptop ini dilengkapi speaker yang menembak ke bawah untuk memberikan suara stereo.

Selain itu di bagian bezel atas layar tersemat kamera HD 720p untuk kebutuhan telekonferensi yang juga memiliki Privacy Shutter yang dapat digeser untuk menutupi lensa sebagai bentuk keamanan. Pastinya sudah mencukupi untuk aktivitas umum, termasuk menikmati konten hiburan.

Hanya saja permukaan chassis laptop ini lebih tinggi dari seharusnya sehingga tuts keyboard ketika ditekan jadi sedikit tenggelam di bawah permukaan dan menghalangi jari yang mana mungkin akan mengganggu untuk sebagian orang.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 (5)

Laptop Lenovo biasanya punya keyboard yang sangat memuaskan untuk digunakan sehingga sangat disayangkan kali ini sedikit kurang di samping tidak adanya juga lampu backlit.

Hal yang sama juga terjadi pada touchpad, tombol kiri dan kanan akan tenggelam ketika ditekan sehingga memberikan sensasi yang kurang baik. Bukan hal besar, namun tetap saja mengurangi kesan berkualitas yang sebelumnya terpancar dari desainnya.

Untungnya hal tersebut ditutup dengan dapur pacu yang ditawarkan oleh Lenovo IdeaPad Slim 1. Sebagai sumber kekuatannya dipersenjatai dengan prosesor AMD Ryzen 3 7320U yang memiliki 4 Core dan 8 Thread dengan kecepatan maksimal hingga 4.1GHz.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 HWiNFO

Tentunya juga sudah ada Radeon Graphics berasitektur RDNA 2 untuk kebutuhan olah grafis sehingga bisa memutar konten multimedia dengan lancar. Bersamaan dengan itu juga terdapat RAM 8GB LPDDR5 Dual-Channel serta solusi penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 256GB.

Konfigurasi tersebut bisa dikatakan sudah menjadi batas minimal yang harus dimiliki oleh sebuah laptop agar dapat berjalan dengan lancar. Berkat sudah digunakannya NVMe SSD, proses data tidak hanya menjadi lebih cepat melainkan juga membuat sistem lebih responsif.

Untuk memastikan seperti apa performanya secara lebih terukur, Lenovo IdeaPad Slim 1 diuji dengan menjalankan beberapa benchmark. Alhasil pada Cinebench R23 mendapatkan skor 1.109 poin di Single Core dan 4.469 poin di Multi Core untuk kemampuan prosesornya.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 Cinebench

Sementara untuk pengujian performa yang lebih menyeluruh, laptop ini meraih skor 3.977 poin pada PCMark 10 dan mencapai 7.593 pada 3DMark dengan mode Night Raid. Angka tersebut menunjukkan bahwa spesifikasi yang dibawa oleh Lenovo IdeaPad Slim 1 sudah terbilang mumpuni.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 PCMark 10

Penyimpanan SSD yang dihadirkan pun tercatat cukup cepat dengan raihan 1,7GB/s untuk Baca dan 1,2GB/s untuk Tulis yang mana jauh lebih cepat dibandingkan solusi penyimpanan HDD maupun eMMC sehingga bakal bisa lebih diandalkan.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 CrystalDIsk

Ketika digunakan bekerja, Lenovo IdeaPad Slim 1 dapat dengan lancar menjalankan beberapa aplikasi kantoran seperti Microsoft Word sambil membuka beberapa tab di browser untuk mencari bahan referensi. Proses booting pun berjalan dengan singkat dan navigasi terasa mulus berkat hadirnya penyimpanan SSD.

Tidak hanya itu saja, laptop ini pun dapat diajak untuk bermain game kasual yang tidak terlalu jika diinginkan selama. Pasalnya kombinasi Ryzen 3 7329U dengan Radeon Graphics masih memungkinkan untuk menjalankan Shadow of The Tomb Raider sekitar 21 fps dengan pengaturan grafis Low di resolusi 720p.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 Tomb Raider

Masih bisa dimainkan jika dipaksa mengingat game tersebut memang tergolong berat yang biasanya membutuhkan GPU diskrit. Pastinya jika hanya ingin sekadar memainkan game kasual maupun game lawas, laptop ini bisa menanganinya.

Untuk menunjang kemampuannya tersebut, laptop ini dibekali baterai 42W sebagai daya kehidupannya ketika tidak terhubung ke sumber listrik. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 8 dalam mode Work, laptop ini mampu mendapatkan angka 7 jam 51 menit.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 Baterai

Angka yang terbilang tinggi untuk sebuah laptop mainstream yang biasanya hanya 2.5 jam saja. Cukup untuk melewati beberapa sesi konferensi maupun kelas tanpa perlu khawatir kehabisan baterai. Untuk waktu pengisian dayanya sendiri relatif standar karena memakan waktu sekitar 2 jam agar sampai benar-benar penuh.

Lenovo IdeaPad Slim 1 sudah langsung menjalankan Windows 11 Home dan dibekali Lenovo Vantage sebagai pusat pengaturan sistem. Termasuk melakukan update hingga mengatur penggunaan seperti membatasi pengisian baterai di 80% supaya lebih awet maupun mengatur kecepatan fans secara otomatis.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 (8)

Secara keseluruhan Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 patut untuk dipertimbangkan jika ingin mencari laptop yang bisa diandalkan. Desainnya sudah membawa gaya modern yang terlihat premium. Hanya saja perlu diperhatikan soal kenyamanan keyboard dan touchpad yang sedikit kurang memuaskan serta layar yang masih menggunakan panel TN.

Pengorbanan di dua segmen tersebut mungkin dibutuhkan untuk bisa menghadirkan performa yang mumpuni lewat kombinasi CPU Ryzen 7000 Series dan sudah membawa penyimpanan SSD. Untuk penggunaan umum, laptop ini mungkin sudah cukup untuk sebagian besar orang.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar