ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Memunculkan Bulatan Assistive Touch di iPhone Biar Pengoperasian Lebih Praktis

Cara Memunculkan Bulatan AssistiveTouch di iPhone - Header

Gadgetren – Sistem operasi iOS buatan Apple memang dirancang dengan mengusung berbagai macam fitur dan dukungan yang dapat mempermudah pengoperasian perangkat iPhone apapun modelnya.

Salah satunya lewat fitur yang diberi nama Assistive Touch. Berbentuk bulatan tombol melayang di layar, kita bisa memakainya untuk mengakses berbagai macam fungsi yang ditawarkan oleh perangkat iPhone secara lebih mudah dan praktis.

Fitur tersebut bahkan dapat menggantikan sepenuhnya pengoperasian iPhone dengan gesture. Termasuk di antaranya meliputi membuka pusat kontrol, panel notifikasi, layar utama, menu Spotlight, Speak Screen, maupun App Switcher.

Kita selain itu juga dapat memakai fitur tersebut untuk menggantikan pengoperasian dengan tombol. Bulatan Assistive Touch memungkinkan mengakses tombol untuk mengaktifkan Accessibility Shortcut, pengatur volume, layar kunci, Siri, hingga screenshot.

Hanya saja, fitur bulatan Assistive Touch di iPhone kadang-kadang memang tidak aktif secara bawaan. Kita makanya perlu menyalakan pengaturannya terlebih dulu jika belum muncul di perangkat iPhone yang kita gunakan.

Cara Memunculkan Bulatan Assistive Touch di iPhone

  • Buka menu Settings.
  • Masuk ke pengaturan Accessibility.
  • Pilih submenu Touch.
  • Buka AssistiveTouch.
  • Nyalakan opsi AssistiveTouch.

Setelah menyalakan opsi AssistiveTouch, bulatannya akan muncul di layar iPhone. Kita pun selanjutnya bisa melakukan setelan lebih lanjut seperti mengubah urutan, nomor, maupun ikon tombol di halaman pengaturan Assistive Touch jika diperlukan.

Selain menggunakan cara di atas, memunculkan bulatan Assistive Touch di iPhone juga dapat dilakukan melalui pengaturan Accessibility Shortcut. Menu setelannya dapat diakses dengan langkah-langkah yang kurang lebih hampir sama.

Melalui Pengaturan Accessibility Shortcut

  • Masuk ke menu pengaturan Accessibility di halaman Settings seperti langkah sebelumnya.
  • Lanjutkan dengan memilih Accessibility Shortcut.
  • Aktifkan setelan untuk AssistiveTouch.

Jika mau melakukannya secara lebih praktis, kita juga dapat memunculkan bulatan Assistive Touch di iPhone dengan memanfaatkan Siri. Kita dalam hal ini hanya perlu membuka fitur asisten digital itu kemudian mengucapkan “Turn on Assistive Touch”.

Bulatan melayang Assistive Touch memang terobosan fitur yang tak boleh kita lewatkan dari jajaran perangkat berbasis sistem iOS. Sejumlah manufaktur ponsel Android pun bahkan terlihat ikut mengembangkan dukungan serupa lewat antarmuka sistem miliknya untuk mempermudah pengguna.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar