ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Ini Cara Bikin Always On Display yang Unik di OPPO Reno8 T 5G

Reno8-T-5G-AlwaysOnDisplay-Feature

Gadgetren Sebagai handphone yang mengusung layar dengan teknologi AMOLED, OPPO Reno8 T 5G ini sudah dilengkapi dengan fitur Always On Display (AOD).

Always On Display sendiri merupakan fitur yang akanĀ  muncul ketika layar sedang dalam keadaan istirahat dengan menampilkan beragam informasi mulai dari jam, tanggal, hari, notifikasi panggilan maupun aplikasi, ornamen, maupun gambar, namun dengan latar belakang yang didominasi warna hitam.

Dominasi warna hitam ini sendiri memberikan keuntungan pada konsumsi energi handphone yang lebih hemat karena area yang berwarna hitam akan mematikan pikselnya untuk layar dengan teknologi AMOLED.

Reno8-T-5G-AlwaysOnDisplay

Dengan begitu fitur Always On Display ini terasa nyaman ketika diaktifkan pada layar AMOLED karena mampu menampilkan informasi yang penting, namun tetap membuat Reno8 T 5G menjadi lebih hemat daya.

Namun untuk membuat pengguna Reno8 T 5G tidak bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, OPPO juga telah menghadirkan beragam Always On Display pada ColorOS 13 berbasiskan Android 13 yang dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan penggunanya.

Secara bawaan, kamu akan diperlihatkan pada 11 jenis Always-On Display yang terdiri dari 6 jenis untuk kategori Personalized dan 5 jenis untuk System-provided. Dengan banyaknya pilihan AOD, tentunya kamu dapat mengatur tampilan yang berbeda ā€“ beda setiap harinya.

Pada kategori Personalized, kamu akan diperlihatkan 6 jenis pilihan AOD yang terdiri dari Bitmoji, Canvas, Custom Patterns, Text and Image, Text, dan Omoji. Sedangkan pada kategori System-provide, terdiri dari Home, Insight, Digital Clock, Analog Clock, dan Image.

Untuk Bitmoji mengizinkan kamu untuk membuat avatar karakter 2 dimensi dari penyedia Bitmoji agar menjadi AOD. Sementara Canvas memungkinkan foto subjek menjadi siluet di AOD sehingga terlihat artistik.

Sementara Custom Pattern mengizinkan kamu untuk membuat ornament maupun pola menarik untuk ditampilkan di Always On Display. Sementara Text and Image memungkinkan kamu untuk menyematkan gambar dan teks pada AOD sesuai dengan keinginanmu.

Sedangkan Text hanya memungkinkanmu menambahkan teks sesuai dengan kehendak. Untuk Omoji sendiri merupakan avatar karakter 3 dimensi besutan OPPO yang dapat kamu buat sesuai selera dan langsung disematkan di AOD.

Pada Home, kamu dapat menyematkan beberapa pilihan gambar 3 dimensi dengan seri Global Warming untuk AOD. Sementara Insight menghadirkan menghadirkan sebuah garis vertikal yang memperlihatkan alur penggunaan Reno8 T 5G yang akan berubah-ubah tergantung dari lamanya pemakaian.

Reno8-T-5G-AlwaysOnDisplay-Fratal

Untuk Digital Clock, memungkinkan kamu dapat menghadirkan tampilan berbagai macam jam digital pada AOD. Sementara Analog Clock mengizinkan kamu untuk mengubah-ubah jam analog pada tampilan Always On Display.

Sementara Image memungkinkan kamu memilih 7 gambar yang disediakan OPPO untuk dimasukkan ke dalam AOD. Dengan banyaknya pilihan ini, tentunya membuat kamu dapat berkreasi menghadirkan tampilan AOD yang menarik dan tidak membosankan setiap waktunya.

Di antara semuanya, saya sendiri paling tertarik pada tampilan AOD dengan jenis canvas karena menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat mendeteksi subjek pada foto untuk diubah menjadi gambar siluet yang artistik.

Cara Mengaktifkan Always On Display di Reno8 T 5G

  1. Akses halaman Settings bawaan Reno8 T 5G
  2. Pilih menu Wallpapers & style
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-1
  3. Pilih opsi Always-On Display
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-2
  4. Tekan tombol toggle Always-On Display ke posisi menyala atau aktif
  5. Pilih opsi Canvas berikon kepala orang di bagian Personalized
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-3
  6. Pada menu pop-up yang muncul, kamu dapat memilih Choose from album ketika foto telah tersedia atau Camera jika ingin mengambil foto terlebih dulu
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-5-5
  7. Saya memilih Choose from album karena sudah mempunyai foto yang akan digunakan
  8. Pilih foto yang akan dimasukan ke Always-On Display
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-4
  9. Setelah foto dipilih, tekan tombol Generate di bagian bawah
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-5
  10. Setelah foto menjadi siluet, maka kamu dapat memilih warna garis atau jenis gayanya terlebih dulu
  11. Tekan tombol Next di bagian kanan atas
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-6
  12. Kamu dapat melihat tampilan yang akan muncul di AOD sekaligus memperbesar dan menggeser siluet pada halaman Resize & move
  13. Tekan tombol Done berikon checklist di bagian kanan atas
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-7
  14. Terakhir, tekan tombol Apply dan secara otomatis Always On Display dengan siluet kamu akan langsung aktif
    Reno8-T-5G-AOD-Settings-8

Berdasarkan pengalaman, AI dari OPPO ini mampu mendeteksi garis-garis penting dari subjek agar membuatnya terlihat menjadi siluet yang bagus. Apalagi terdapat beberapa banyak jenis gaya siluet yang dapat kamu tentukan sesuai selera.

Sementara kamu juga dapat langsung mengeksplorasi jenis-jenis AOD lainnya pada Reno8 T 5G karena untuk langkah-langkah mengaktifkannya sangat mudah sekali, termasuk pengguna awam sekalipun.

Bisa dibilang banyaknya jenis AOD ini menjadi salah satu nilai tambah bagi OPPO Reno8 T 5G. Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki handphone ini, maka sudah dapat membelinya di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp5.999.000 untuk RAM 8 GB + ROM 128 GB dan Rp6.499.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar