ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G Biar Multitasking Lebih Lancar

Cara Menambah RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G - Header

Gadgetren – Agar bisa bekerja dengan lebih baik, sejumlah model ponsel kini membawa dukungan yang bisa dipakai untuk mengekspansi kapasitas RAM secara virtual sebagai fitur tambahan.

Namanya berbeda-beda untuk setiap merek di mana Samsung menyebutnya dengan istilah RAM Plus. Dukungan tersebut memungkinkan kita meminjam ruang kosong media penyimpanan dan mengubahnya menjadi memori virtual secara cerdas.

Secara teknis, kapasitas RAM yang lebih besar dapat membuat kinerja ponsel menjadi semakin lancar. Kita bisa menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan atau membiarkan ponsel menangani tugas-tugas di belakang layar yang semakin beragam.

Fitur RAM Plus makanya bisa menjadi salah satu solusi jika ponsel yang digunakan mempunyai kapasitas RAM terbatas. Dengan dukungan tersebut, perangkat dapat memperoleh memori tambahan untuk menjalankan aplikasi atau tugas secara lebih lancar.

Yang cukup menarik, fitur RAM Plus hadir di berbagai macam perangkat menengah ke bawah Samsung yang mana termasuk Samsung Galaxy A14 5G. Kita pun bisa memakai dukungan tersebut dengan cara yang hampir sama saat perlu menambah kapasitasnya.

Cara Menambahkan RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G

  • Buka halaman Pengaturan dari Samsung Galaxy A14 5G.
    Cara Menambah RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G - 1
  • Masuk ke menu Perawatan perangkat dan baterai.
    Cara Menambah RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G - 2
  • Ketuk bagian Memori.
    Cara Menambah RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G - 3
  • Ketuk opsi RAM Plus.
    Cara Menambah RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G - 4
  • Pastikan fitur RAM Plus aktif.
  • Kita mungkin perlu melakukan Muat ulang jika baru mengaktifkannya.
  • Ubah RAM virtual sesuai kapasitas yang diinginkan.
    Cara Menambah RAM Virtual Samsung Galaxy A14 5G - 5
  • Lakukan Muat ulang kembali.

Samsung Galaxy A14 5G sebenarnya sudah membawa kapasitas RAM yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna di masa sekarang. Ponsel ini meluncur dengan konfigurasi memori 6GB dan penyimpanan 128GB yang menjadi standar perangkat menengah saat ini.

Hanya saja dengan hadirnya fitur RAM Plus, Samsung Galaxy A14 5G pun bisa semakin mumpuni. Ponsel ini soalnya dapat memperoleh tambahan RAM dengan memori virtual hingga 4GB yang bisa mendorong kemampuan perangkat dalam menangani banyak tugas.

Sayangnya berdasarkan pengalaman sebagian pengguna, RAM Plus memang memerlukan lebih banyak daya. Jika baterai ponsel cepat habis maka kita tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menonaktifkan fitur penambahan memori virtual tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar