ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Restart HP vivo Terbaru Biar Sistem Kembali Segar

Cara Restart HP vivo - Header

Gadgetren – Muat ulang atau restart bisa menjadi salah satu solusi yang ditempuh ketika ponsel milik kita mengalami sejumlah masalah ringan akibat kesalahan sistem seperti lag atau freeze yang bisa terjadi kapan saja.

Saat restart ponsel, sistem soalnya akan menutup aplikasi yang berjalan dan menghentikan semua tugas yang diperintahkan. Perangkat pun selanjutnya akan menyala dengan lebih segar karena hanya memuat layanan-layanan esensial.

Restart ponsel pun bahkan bisa sangat bermanfaat meskipun sistem masih berjalan lancar. Kita dalam hal ini setidaknya bisa mengurangi beban kerja perangkat sehingga nanti lebih nyaman saat dioperasikan.

Fungsi restart sendiri sudah tersedia pada hampir semua ponsel pintar yang beredar saat ini. Berbekal antarmuka sistem Funtouch OS, perangkat-perangkat buatan vivo mulai dari seri Y, T, V, hingga X pun termasuk di dalamnya.

Untuk restart ponsel buatan vivo, kita tidak memerlukan cara khusus. Kita bisa melakukannya seperti perangkat-perangkat bersistem operasi Android pada umumnya.

Cara Restart vivo

  • Tekan dan tahan tombol Power di perangkat vivo.
  • Nantinya akan muncul menu pengaturan daya.
  • Pilih opsi Restart.
  • Konfirmasi jika diperlukan.
  • Tunggu sampai perangkat menyala kembali.

Setelah perangkat vivo menyala kembali, kita pun bisa melanjutkan aktivitas yang sempat tertunda. Termasuk di antaranya mencoba fungsi perangkat maupun aplikasi yang sebelumnya bermasalah atau tidak dapat digunakan.

Dalam kondisi tertentu seperti layar freeze atau tidak dapat dioperasikan sama sekali, cara di atas sayangnya belum tentu bisa digunakan. Kita kemungkinan perlu melakukan force restart atau melakukan muat ulang perangkat secara paksa.

Cara Force Restart Vivo

  • Tempatkan jari di tombol Power dan Volume down.
  • Tekan dan tahan keduanya secara bersamaan untuk Force Restart.
  • Lepaskan keduanya setelah layar perangkat vivo mati.
  • Tunggu sampai sistem menyala kembali.

Cara melakukan force restart di perangkat vivo bisa berbeda-beda untuk setiap model. Metode di atas cuma berlaku untuk perangkat-perangkat generasi baru. Sementara untuk tipe lawas (masih memakai layar 16:9), kita biasanya hanya perlu menekan dan menahan tombol Power saja.

Perlu diingat bahwa restart biasa maupun force restart tentu tidak dapat mengatasi semua masalah yang ada di perangkat vivo. Jika masih belum bisa kembali normal, ada baiknya menempuh solusi berikutnya seperti melakukan reset atau membawanya ke tempat service center.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar