ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M14 5G – Terlihat Menarik?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M14 5G - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy M14 5G termasuk salah satu perangkat yang dapat dilirik saat membutuhkan sebuah ponsel dengan dukungan mumpuni untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Ponsel menengah Samsung tersebut apalagi dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Kita dalam hal ini bahkan sudah dapat membawanya pulang hanya dengan dana mulai dari Rp2.799.000 hingga Rp3.299.000 tergantung varian memorinya.

Namun apabila masih ragu-ragu untuk meminang ponsel tersebut, tak ada salahnya untuk mengecek kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Galaxy M14 5G mempunyai sejumlah keunggulan yang cukup layak dipertimbangkan.

Kelebihan Samsung Galaxy M14 5G

1. Baterai Sangat Besar

Meluncur di rentang harga Rp2-3 jutaan, Galaxy M14 5G mencoba menggoda para pengguna dengan baterai berkapasitas sangat besar. Bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan kebanyakan ponsel yang meluncur di kelasnya.

Galaxy M14 5G mempunyai baterai berkapasitas 6.000mAh yang mana tergolong cukup besar dibandingkan ponsel pada umumnya. Baterai dengan kapasitas  besar memang sudah menjadi salah satu ciri khas dari seri Galaxy M besutan Samsung..

Dengan kapasitas sebesar itu, kita secara teknis dapat memakai Galaxy M14 5G dengan durasi lebih lama apapun aktivitas yang sedang dilakukan tanpa perlu khawatir ponsel akan kehabisan daya di tengah kegiatan.

Berdasarkan keterangan Samsung di halaman produk mereka, baterai 6.000mAh milik Galaxy M14 5G bahkan diklaim mampu bertahan hingga lebih dari 25 jam untuk menonton video atau 155 jam untuk memutar berkas audio.

Guna menemani baterai berkapasitas jumbonya, Samsung pun turut menghadirkan dukungan pengisian cepat berdaya 25W ke dalam Galaxy M14 5G. Teknologi ini tentu akan cukup membantu karena bisa membuat proses mengisi menjadi lebih singkat.

2. Layar Luas dengan Animasi yang Halus

Selain baterai berkapasitas besar, Galaxy M14 5G juga meluncur dengan ukuran layar yang sangat luas untuk digunakan menikmati berbagai jenis konten. Ponsel tersebut tercatat mempunyai panel PLS LCD yang membentang hingga 6,6 inci jika diukur dari sudut ke sudut secara diagonal.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M14 5G - Layar

Berbagai macam konten baik itu gambar, teks, maupun video tentu akan terlihat dengan cukup jelas di Galaxy M14 5G. Layar miliknya apalagi juga sudah memakai resolusi Full HD+ (2408 x 1080 piksel) yang dapat menghasilkan tampilan lebih tajam.

Layar yang digunakan oleh Galaxy M14 5G selain itu juga sudah mengadopsi dukungan refresh rate hingga 90Hz. Jika konten yang ditampilkan mendukungnya, ponsel tersebut dapat menghasilkan gerakan animasi gambar yang lebih mengalir sehingga terasa halus ketika bergerak.

3. Dapur Pacu Bertenaga dengan Jaringan 5G

Pengalaman pemakaian yang ditawarkan oleh Galaxy M14 5G juga tak akan kalah menyenangkan dari perangkat-perangkat sekelasnya. Ponsel tersebut soalnya sudah dibekali dengan chipset menengah buatan Samsung yang disebut Exynos 1330.

Exynos 1330 merupakan chipset delapan inti yang dibangun berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A78 dan Cortex-A55 berkecepatan hingga 2,4GHz. Dikembangkan dengan manufaktur 5nm, chipset ini juga sudah mengusung ARM Mali-G68 MP2 untuk kebutuhan olah grafis.

Dengan chipset ini, Galaxy M14 5G tentu sudah cukup bisa diandalkan untuk menangani berbagai macam tugas harian mulai dari berselancar di media sosial hingga bermain game. Terlebih lagi Exynos 1330 pun secara khusus memungkinkan ponsel tersebut mengemas jaringan 5G yang kini mulai diimplementasikan.

Untuk memorinya, Galaxy M14 5G sendiri tersedia dalam tiga konfigurasi yang bisa dipilih sesuai dengan dana atau kebutuhan. Termasuk di antaranya RAM 4GB yang dikombinasikan dengan media penyimpanan 64GB atau 128GB serta varian 6GB dengan 128GB.

4. Multi-Kamera Beresolusi Tinggi

Mengikuti jejak ponsel-ponsel menengah masa kini, Galaxy M14 5G juga turut menghadirkan konfigurasi kamera utama yang tak kalah mumpuni. Perangkat tersebut soalnya sudah mengadopsi sistem multi-lensa yang terdiri dari sensor utama 50MP, makro 2MP, dan kedalaman 2MP.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M14 5G - Kamera

Secara teknis, kamera beresolusi tinggi bakalan mampu menghasilkan gambar dengan kualitas lebih baik di mana tidak akan mudah pecah ketika diperbesar beberapa kali atau bahkan dicetak dalam ukuran yang sangat besar.

Teknologi pixel-binning yang dipakai oleh kamera-kamera beresolusi tinggi pun memungkinkan proses pengambilan gambar mempunyai sensitivitas lebih baik terhadap cahaya. Jadi hasilnya masih bisa terlihat jelas meskipun dalam kondisi sedikit redup.

5. Fitur Komplit

Sebagai ponsel menengah, Galaxy M14 5G termasuk perangkat yang mempunyai dukungan lumayan komplit. Kita masih dapat menemukan berbagai macam fitur esensial seperti sensor pemindai sidik jari, jack audio, maupun slot kartu microSD yang mendukung kapasitas hingga 1TB.

Di samping itu, ada juga beberapa fitur tambahan yang dapat memaksimalkan pemakaian Galaxy M14 5G di mana termasuk NFC (Near Field Communication). Sensor ini misalnya dapat memudahkan kita mengecek saldo e-money atau melakukan pembayaran digital yang mana sudah semakin umum digunakan oleh banyak orang.

Perangkat tersebut juga mempunyai sebuah dukungan yang diberi nama Voice Focus. Fitur ini memungkinkan panggilan telepon maupun konferensi video di beberapa aplikasi pihak ketiga mempunyai percakapan suara yang terdengar secara lebih jelas sehingga cocok bagi yang sering melakukan komunikasi suara.

6. Pembaruan Sistem Terjamin

Yang tak kalah menarik, Galaxy M14 5G juga akan memperoleh dukungan pembaruan yang baik. Perusahaan asal Korea Seleatan ini menjanjikan bahwa ponsel tersebut setidaknya akan memperoleh hingga dua generasi update sistem operasi.

Kita pun tak perlu khawatir jika berencana memakai Galaxy M14 5G dalam durasi waktu yang sangat lama. Untuk memberikan pengalaman pemakaian yang semakin baik, Samsung juga berjanji akan melakukan pemeliharaan keamanan hingga selama 4 tahun untuk ponsel tersebut.

Kekurangan Samsung Galaxy M14 5G

1. Bodi Berat

Sama seperti ponsel-ponsel dengan baterai berkapasitas besar lainnya, bodi milik Galaxy M14 5G sayangnya juga tergolong cukup berat. Perangkat ini mempunyai bobot kurang lebih 206 gram dengan dimensi (166,8 x 77,2 x 9,4) mm.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M14 5G - Bodi

Bagi kita yang gemar memakai ponsel dengan durasi lama, tentu harus mempertimbangkan bobot dari ponsel tersebut. Kita soalnya mungkin akan cepat merasa lelah ketika mengoperasikan perangkat apalagi jika melakukannya dengan satu tangan saja.

Hal ini terbilang cukup wajar sebenarnya mengingat baterai berkapasitas besar yang terbenam di dalamnya. Namun tentu saja perlu menjadi pertimbangan khususnya bagi yang suka ponsel berbobot ringan..

2. Paket Penjualan Kurang Lengkap

Paket penjualan yang ditawarkan oleh Galaxy M14 5G juga termasuk cukup pelit. Selain tidak mendapat adaptor pengisian 25W di dalam kotaknya seperti ponsel Samsung kebanyakan masa kini, kita juga tidak akan menemukan case pelindung padahal kebanyakan merek lain membawanya.

Jadi kita pun perlu mengeluarkan uang ekstra jika mau melindungi bodi perangkat yang notabene juga mudah kotor karena sidik jari. Di samping kita harus membeli adaptor pengisian 25W jika belum memilikinya.

Untungnya selama periode promosi penjualan Galaxy M14 5G, Samsung pun menawarkan sejumlah bonus menarik di mana termasuk potongan harga atau cashback. Ada juga hadiah berupa Travel Adapter 25W orisinal Samsung bagi kita yang beruntung.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar

    • Untuk dari samsung sendiri tidak sediakan charger dalam paket penjualan. Tapi bisa aja ada toko online yang memberikan bonus charger