ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Berita Laptop / PC

Lebih Senyap, ASUS Hadirkan Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX 4080 Noctua Edition

NVIDIA-GeForce-RTX-4080-NOCTUA

Gadgetren – ASUS berkolaborasi dengan Noctua secara resmi telah membawa produk terbarunya yang bernama GeForce RTX 4080 Noctua Edition. 

Melalui kartu grafis GeForce RTX 4080 Noctua Edition, ASUS dan Noctua mengklaim produknya ini menjadi kartu grafis paling senyap di kelasnya dengan aksen warna cokelat dan krem khas Noctua.

Sebelumnya ASUS juga telah menghadirkan NVIDIA GeForce RTX 3070 dan 3080 edisi Noctua. Dari segi desain, kartu grafis ini menyediakan sistem pemasangan yang aman tanpa memerlukan zip tie. Kemudian, logo ASUS dan Noctua terdapat di bagian depan dan samping shroud.

Terdapat juga grafis halus pada backplate alloy yang menjadikan kartu ini bisa dikombinasikan dengan komponen Noctua lainnya dengan lebih serasi. Mengenai ketersediaan, kartu grafis GeForce RTX 4080 Noctua Edition sudah tersedia secara global sementara untuk di Indonesia akan segera diumumkan lebih jauh.

Pada kartu grafis GeForce RTX 4080 Noctua Edition telah digabungkan sepasang kipas Noctua NF-A12x25 yang mampu memindahkan udara lebih baik melalui heatsink besar.

Selain itu ASUS juga telah memperluas volume kartu sehingga bisa menempati ruang 4,3 slot agar bisa mendapatkan kebisingan yang rendah, acoustic signature yang halus, kinerja pendinginan yang tinggi, serta tetap menyediakan ruang bagi sepasang kipas 120 mm.

Tersedia juga switch Dual BIOS dan mode Quiet yang telah diaktifkan secara default. Di sisi lain, kartu grafis ini juga dilengkapi dengan vapor chamber bawaan ASUS yang luas dengan jaringan delapan heat pipe.

Hal ini memungkinkan kartu grafis bisa beroperasi pada suhu 61,7 °C dengan tingkat kebisingan ultra rendah yang mana sama dengan varian GeForce RTX 3070 dan RTX 3080 Noctua sebelumnya.

Jika dipasangkan dengan power supply ROG Thor 1000P2, kartu grafis GeForce RTX 4080 Noctua Edition akan menghasilkan rakitan yang kuat dan pengoperasian yang efisien sementara dengan ROG Loki 1000P FX-L untuk rakitan yang lebih ringkas. Tak lupa setiap power supply dari ASUS juga dibekali dengan garansi 10 tahun untuk memastikan pengguna menikmati daya yang stabil dan andal dalam jangka waktu yang panjang.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar