ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

Ini HP Samsung RAM 4GB Terbaik 2023 Agar Multitasking Lancar

HP Samsung RAM 4GB - Header

Gadgetren – Normalnya, kita memerlukan perangkat dengan dukungan RAM berkapasitas besar agar bisa menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan atau biasa disebut dengan multitasking.

Apabila tidak didukung dengan RAM berkapasitas besar, kinerja ponsel bisa saja tersendat-sendat. Manajemen memori dari sistem operasi yang digunakan pun akan bekerja ekstra keras agar dapat menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut.

Kabar baiknya, kebanyakan ponsel sekarang sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas besar. Kalaupun tidak maka biasanya akan menggunakan sistem operasi yang ringan seperti keluarga Android Go Edition.

Hal ini sangat selaras dengan peningkatan kebutuhan dari sisi aplikasi maupun sistem operasi. Kebanyakan fitur dan layanan kini memang memerlukan memori lumayan besar agar dapat berjalan di dalam ponsel pintar dengan baik.

Kita dalam hal ini makanya memerlukan setidaknya RAM berkapasitas sebesar 4GB agar bisa beraktivitas secara lebih nyaman. Adapun berikut beberapa perangkat buatan Samsung yang bisa dipertimbangkan jika memerlukan salah satunya.

1. Samsung Galaxy A04

HP Samsung RAM 4GB - 1

Meluncur pada bulan Oktober 2022 kemarin, Samsung Galaxy A04 termasuk perangkat yang bisa dipertimbangkan ketika kita sedang mencari HP Samsung dengan RAM 4GB. Harganya apalagi relatif sangat terjangkau.

Perangkat level entri dari Samsung ini bisa dipinang dengan harga Rp1.699.000 untuk varian RAM 4GB dan media penyimpanan 64GB. Selain menawarkan dukungan memori yang lumayan, perangkat ini juga membawa kamera 50MP yang cukup tinggi di kelasnya.

Perangkat bertenaga MediaTek Helio P35 (12nm) dengan kecepatan hingga 2,3GHz ini pun sudah dibekali baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh. Galaxy A04 juga sudah mengusung antarmuka USB Type-C dengan pengisian daya hingga 15W.

2. Samsung Galaxy A04s

HP Samsung RAM 4GB - 2

Galaxy A04s pun bisa menjadi opsi selanjutnya terutama jika kita memerlukan spesifikasi yang lebih mumpuni. Dibandingkan ponsel sebelumnya, Galaxy A04s mempunyai beberapa aspek dengan dukungan yang lebih tinggi.

Hanya saja meskipun sama-sama mengusung RAM berkapasitas 4GB dan media penyimpanan internal 64GB, ponsel ini memang tersedia lebih mahal. Kita yang ingin meminangnya harus menyiapkan dana sebesar Rp1.999.000.

Dengan selisih harga yang lumayan, perangkat dengan chipset Samsung Exynos 850 (8nm) hingga 2,0GHz ini untungnya sudah dilengkapi dengan layar 90Hz. Konfigurasi kameranya juga sedikit lebih banyak karena mendukung tiga lensa di mana terdiri dari utama 50MP, makro 2MP, serta kedalaman 2MP.

3. Samsung Galaxy A13

HP Samsung RAM 4GB - 3

Jika mempunyai dana yang lebih banyak, kita dapat mempertimbangkan Samsung Galaxy A13. Perangkat ini juga mempunyai varian dengan RAM 4GB dan media penyimpanan internal 128GB yang dibanderol Rp2.399.000.

Secara sekilas, spesifikasinya lumayan mirip dengan Galaxy A04s. Hanya saja ada beberapa penyesuaian yang dilakukan Samsung di mana kamera utamanya menjadi lebih banyak dengan tambahan lensa sudut lebar 5MP dan dukungan kamera depan hingga 8MP.

Ponsel ini juga sudah menggunakan lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5. Walaupun sebagai gantinya, Samsung belum menyematkan dukungan panel dengan refresh rate tinggi seperti perangkat-perangkat di kelasnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar