ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Aktifkan Ketuk Layar 2 Kali HP Samsung Biar Lebih Praktis Cek Notifikasi

Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali Samsung - Header

Gadgetren – Dengan menggunakan gesture ketuk layar dua kali, kita dapat menghidupkan atau mematikan tampilan pada berbagai ponsel buatan Samsung secara lebih praktis dan ringkas.

Kita tidak perlu lagi menekan Side Key atau tombol Power hanya untuk sekadar mengecek notifikasi. Kita juga bisa langsung mengunci layar tanpa perlu memindahkan jari ke bagian samping, ke tempat tombol tersebut berada.

Gesture ketuk layar dua kali hampir bisa ditemukan di semua ponsel Samsung generasi baru. Kita kemungkinan hanya perlu mengaktifkan pengaturannya terlebih dulu apabila gesture ini belum bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali HP Samsung

  • Kunjungi halaman Settings.
  • Buka bagian Advanced Features.
  • Pilih menu pengaturan Motions and gestures.
  • Aktifkan opsi Double tap to turn on screen untuk mengatur gesture menghidupkan tampilan layar.
  • Aktifkan Double tap to turn off screen untuk gesture mematikan tampilan layar.

Secara umum, kita bisa mengaktifkan setelan gesture ketuk layar dua kali pada halaman pengaturan. Langkah untuk setiap model perangkat sayangnya kadang-kadang berbeda di mana tergantung pada versi sistem operasi maupun antarmuka yang digunakan.

Berbeda dari sejumlah manufaktur lain, Samsung menariknya menyematkan pengaturan gesture untuk mematikan dan menghidupkan layar secara terpisah. Kita pun bisa menggunakan salah satu saja jika diperlukan.

Setelah diaktifkan, gesture mematikan layar dapat digunakan dengan mengetuk dua kali pada area kosong di halaman homescreen maupun lockscreen. Sementara untuk gesture menghidupkan, kita bisa memakainya di seluruh panel saat tampilan mati selama ponsel masih menyala.

Selain fungsi ketuk layar dua kali, Samsung juga membekali perangkat-perangkat buatan mereka dengan sejumlah gesture berguna lainnya. Kita di antaranya dapat menjumpai mulai dari Lift to wake, Alert when phone picked up, hingga Mute with gestures yang dapat melengkapinya.

Bagi kamu yang belum tahu, Lift to wake up berfungsi untuk menyalakan tampilan dengan mengangkat ponsel, Alert when phone picked up untuk penanda pesan atau panggilan yang terlewatkan, dan Mute with gestures untuk membisukan panggilan masuk atau alarm dengan meletakkan perangkat ke arah bawah.

Ketiga gesture tambahan tersebut juga dapat diaktifkan melalui halaman pengaturan yang sama dengan ketuk layar dua kali. Kita pun dapat mengaturnya secara terpisah sesuai dengan kebutuhan.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar