ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Semakin Sinematik, Netflix Hadirkan Fitur Audio Spasial dari Sennheiser Untuk Paket Premium

Audio-spasial-Netflix-didukung-teknologi-Sennheiser

Gadgetren –  Netflix secara resmi telah merilis fitur audio spasial terbaru bernama AMBEO 2-Channel Spatial Audio dari produsen teknologi Sennheiser untuk meningkatkan pengalaman audio pengguna.

Fitur AMBEO 2-Channel Spatial Audio ini dikhususkan untuk pelanggan paket Premium Netflix agar mereka bisa menikmati pengalaman mendengarkan audio sinematik dan imersif pada speaker stereo yang mendukung lebih dari 700 judul film dan serial teratas di Netflix.

Mulai dari Stranger Things, The Watcher, Wednesday, dan Knives Out: Glass Onion. Netflix juga akan menambahkan fitur AMBEO 2-Channel Spatial Audio pada empat judul yang akan tayang dalam waktu dekat meliputi You, Your Place or Mine, dan Luther: The Fallen Sun.

Sementara untuk judul konten video lainnya yang dilengkapi fitur audio spasial baru ini, pengguna bisa menemukannya dengan mengetik ‘Spatial Audio’ pada kolom pencarian atau bisa melihatnya pada lambang audio spasial terbaru di aplikasi Netflix pada perangkat handphone, komputer, maupun TV Android.

Paket Premium Netflix sendiri menawarkan fitur-fitur menarik mencakup tayangan beresolusi Ultra HD (4K) dan HDR serta dukungan hingga 4 perangkat bersamaan. Paket Premium bisa dibeli pengguna dengan harga Rp213.000. Pengguna bisa membeli Paket Premium melalui beragam penyedia pembayaran atau layanan.

Adapun keunggulan dari AMBEO 2-Channel Spatial Audio ialah mampu menghasilkan suara mixing surround sehingga suara yang didengarkan pengguna seperti nyata atau hidup seperti ada di dalam film tanpa perlu menggunakan bantuan hardware atau perangkat tambahan.

Dalam keterangan resminya Netflix menyebutkan bahwa fitur AMBEO 2-Channel Spatial Audio menggunakan proses rendering yang memungkinkan mixer bisa membandingkan stereo standar dengan AMBEO dan menyesuaikan pengaturan rendering dengan stem individual atau kelompok.



Teknologi ini memungkinkan stem spesifik seperti dialog bisa dikecualikan dari percampuran spasialisasi dan musik bisa disimpan di kanal kanan dan kiri sehingga suara yang dihasilkan tidak bercampur. Bahkan Netflix  mengatakan bahwa fitur audio spasial ini mampu digunakan untuk dua speaker.

Bagi pengguna Netflix yang ingin mencoba pengalaman menonton film dengan fitur audio spasial dari Sennheiser bisa mendengarkannya di kanal YouTube resminya. Selain audio spasial dari Sennheiser, Netflix juga menyediakan fitur audio dengan dukungan Dolby Atmos pada deretan judul film dan serialnya.

Renato Pellegrini selaku Manager Pro Labs, AMBEO Immersive Audio mengungkapkan bahwa renderer AMBEO 2-Channel Spatial Audio sudah dapat digunakan untuk memproses perpaduan surround.

“Kami sangat bangga bahwa Netflix telah memperluas kemitraannya dengan Sennheiser dan memilih untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan dengan AMBEO 2-Channel Spatial Audio yang turut membawa perubahan pada lebih banyak katalog Netflix,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar