ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Laptop / PC

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan PC Buat Cek Kompatibilitasnya

Cara Melihat Spesifikasi Komputer - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Mengecek spesifikasi sebuah komputer memang bukan hal yang harus dilakukan setiap hari. Hanya saja kita mungkin akan sangat memerlukannya pada waktu-waktu tertentu.

Misalnya saat ingin memasang program atau game, kita pasti perlu tahu apakah spesifikasi dari komputer yang kita miliki sudah cukup mumpuni atau setidaknya memenuhi kebutuhan minimal sistem. Jika belum soalnya tidak dapat dijalankan atau bahkan terpasang.

Dengan melihat spesifikasi komputer yang digunakan, kita juga bisa lebih mudah menentukan harga jualnya di pasaran. Kita pun bisa memakai hal tersebut untuk mengkonfirmasi apa yang perlu ditingkatkan ketika kinerja perangkat mulai terasa melambat.

Apapun alasan yang mendasarinya, melihat spesifikasi yang diusung oleh sebuah komputer untungnya mudah. Kita bahkan tak perlu memasang aplikasi pihak ketiga karena sejumlah sistem operasi membawa peralatan khusus yang bisa dipakai untuk hal itu.

Sistem Windows maupun MacOS yang banyak digunakan untuk mempersenjatai komputer masa sekarang termasuk di antaranya. Berikut cara memakai peralatan-peralatan tersebut untuk melihat spesifikasi buat kamu yang belum bisa.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer Bersistem Windows

  • Ketuk tombol Start Windows
  • Ketik msinfo32
  • Klik kanan pada System Information dari hasil penelusuran
  • Pilih Run as administrator
  • Di aplikasi yang terbuka, klik System Summary di panel sebelah kiri
  • Cek spesifikasi komputer sesuai kebutuhan
  • Untuk mengecek kartu grafis, ketuk Components lalu pilih Display

Membuka System Information adalah salah satu cara terbaik untuk melihat spesifikasi lengkap dari komputer berbasis sistem Windows. Kita bisa memakainya untuk mengecek CPU, GPU (kartu grafis), kapasitas RAM, versi Windows, hingga bahkan model perangkat.

Selain menggunakan cara ini, sistem operasi Windows juga menawarkan beberapa peralatan lain seperti Taks Manager yang bisa dipakai untuk melihat spesifikasi komputer. Kita pun juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga misalnya CPU-Z.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer Bersistem MacOS

  • Tahan tombol Option di keyboard
  • Klik Apple Menu di pojok kiri atas layar
  • Klik System Information
  • Pilih bagian komputer yang mau dicek secara lebih rinci

Dengan menggunakan cara ini, kita bisa mengecek komponen yang terpasang, koneksi yang tersambung, hingga sistem yang digunakan di komputer berbasis MacOS. Termasuk di antaranya kita juga bisa memakainya untuk memastikan model perangkat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar