Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Dibuka Karena Error Atau Lainnya

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Dibuka Header

Gadgetren – Di bawah naungan Meta Platforms, Inc., Instagram telah menghadirkan banyak fitur yang terus berkembang dan baru.

Meskipun menyenangkan beraktivitas di Instagram, namun ada kalanya kamu merasa kesal karena aplikasinya tiba-tiba tidak dibuka. Padahal saat itu kamu harus mengunggah foto atau video penting ke Instagram.

Sebenarnya Instagram tidak dapat dibuka bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti sistem operasi handphone yang sedang bermasalah, aplikasi mengalami bug, memori internal perangkat hampir penuh, koneksi internet, dan lainnya.

Kamu pun perlu mengatasi atau memperbaiki hal tersebut agar aplikasi Instagram bisa dibuka kembali.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Dibuka

Cek Apakah Server Instagram Sedang Error

Salah satu kelemahan media sosial yang banyak digunakan orang adalah beban pertukaran datanya yang sangat besar. Begitu juga dengan server Instagram yang pernah beberapa kali mengalami down atau error.

Kamu dapat melihat perbincangan di jejaring sosial lain seperti Twitter atau Facebook untuk mengetahui apa ada masalah yang dialami Instagram.

Kamu juga dapat mengeceknya melalui situs Down Detector untuk memastikan apakah seluruh dunia juga tidak bisa membuka Instagram. Sayangnya masalah ini hanya bisa diselesaikan dengan menunggu hingga pihak Instagram memulihkan sistem dan servernya.

Cek Koneksi Internet

Terkadang pada saat koneksi melambat atau bahkan tidak terhubung dengan internet, kemungkinan besar aplikasi Instagram yang diakses tidak mau masuk ke dalam halaman Home.

Sebaiknya kamu mengecek koneksi internet dari jaringan seluler terlebih dulu, apakah sedang tersambung atau mengalami gangguan. Apabila benar terjadi masalah, maka sebagai alternatifnya kamu dapat menghubungkan handphone dengan jaringan yang lebih stabil seperti WiFi.

Restart Handphone

Biasanya pada saat handphone sudah lama digunakan tanpa dimatikan, sistem operasi akan mengalami sedikit gangguan yang mana bisa berimbas kepada berbagai hal termasuk aplikasi yang jadi tidak dapat dibuka.

Untuk menyegarkannya, kamu dapat melakukan restart handphone dengan menekan tombol Power agak lama. Lalu pilih Restart pada menu yang muncul.

Nantinya handphone akan mati dan kembali menyala otomatis. Dengan melakukan restart, sistem akan kembali berjalan lebih segar sehingga kemungkinan besar aplikasi Instagram dapat dibuka kembali.

Bersihkan Cache

Banyaknya cache menumpuk dapat menyebabkan aplikasi tersebut jadi tidak bisa dibuka. Hal ini juga dapat terjadi pada Instagram yang sudah dipakai lama oleh penggunanya karena cache akan menumpuk.

  • Akses aplikasi Settings
  • Pilih menu Apps atau App Management
  • Pilih aplikasi Instagram
  • Pilih opsi Storage Usage
  • Tekan tombol Clear Cache

Setelah cache selesai dibersihkan, maka kamu dapat coba membuka kembali aplikasi Instagram untuk melihat apakah masalah terselesaikan atau belum

Update Aplikasi Instagram

Biasanya apabila kamu jarang melakukan pembaruan versi aplikasi Instagram, kamu akan jadi lebih rentan terhadap serangan peretas dan tidak memiliki fitur terbaru.

Instagram pun secara paksa tidak mengizinkan aplikasi untuk dibuka sebagai bentuk jaga-jaga. Dengan begitu, kamu harus melakukan update untuk aplikasi Instagram ke versi terbaru agar mendapatkan peningkatan keamanan.

Install Ulang Aplikasi Instagram

Bila terjadi bug pada aplikasi Instagram yang sedang kamu gunakan saat ini hingga tidak dapat dibuka walaupun sudah menggunakan versi terbaru, maka kamu mungkin perlu memasang ulang aplikasi tersebut.

Kamu dapat langsung menghapus aplikasi Instagram dari Google Play Store dan melakukan restart agar sistem disegarkan. Lalu kamu dapat mengunduh dan memasang kembali aplikasi Instagram. Biasanya cara ini cukup berhasil agar aplikasi dapat kembali dibuka dan tidak keluar secara tiba-tiba.

Tinggalkan Komentar