Tips dan Trik Operator Seluler

Kenapa Pulsa Smartfren Bisa Berkurang Sendiri? Ini Penjelasannya!

Kenapa Pulsa Smartfren Bisa Berkurang Sendiri - Header

Gadgetren – Pulsa tiba-tiba berkurang sendiri memang bisa menjadi salah satu permasalahan yang kadang-kadang harus kita hadapi ketika menggunakan nomor seluler apapun operatornya.

Masalah tersebut padahal bisa menyita sebagian waktu kita karena harus mencoba mencari tahu penyebab sekaligus solusinya. Tak jarang kita bahkan sampai harus menunda pekerjaan agar bisa segera terselesaikan.

Namun, kamu yang menggunakan operator Smartfren tak perlu bersusah payah mencari penyebab masalah tersebut jika sedang mengalaminya. Hal ini karena secara umum biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor berikut.

Kenapa Pulsa Smartfren Bisa Berkurang Sendiri?

Berlangganan Layanan Tertentu

Ada banyak layanan digital yang kini bisa kita beli dengan memakai sistem potong pulsa. Beberapa di antaranya meliputi item dalam aplikasi, akses premium, konten SMS harian, hingga produk tambahan seperti Ring Back Tone (RBT) yang disebut juga Nada Sambung Pribadi (NSP).

Beberapa dari layanan ini sayangnya menerapkan sistem perpanjangan otomatis. Jika kita mengaktifkan atau membelinya tanpa menyadari hal itu maka pulsa dari nomor sudah ditautkan akan terpotong sebagai biaya berlangganan saat periodenya berakhir.

Agar terhindar dari masalah pulsa yang berkurang sendiri, kita makanya perlu mengecek apakah ada layanan yang sedang aktif atau tidak. Kita pun perlu berhenti secara manual apabila menemukannya walaupun untuk masing-masing platform harus ditempuh secara berbeda-beda.

Untuk layanan berbasis aplikasi, kita misalnya bisa mengecek hal itu melalui Google Play Store, Apple Apps Store, atau aplikasi itu sendiri. Sementara untuk layanan dari Smartfren umumnya bisa dicek melalui MySF atau kode UMB.

Perpanjangan Paket Otomatis

Selain dikarenakan berlangganan layanan tertentu, pulsa juga bisa berkurang secara otomatis akibat perpanjangan paket yang kita aktifkan. Beberapa produk Smartfren soalnya menerapkan sistem ini.

Produk dengan masa aktif bulanan baik itu 28 hari atau 30 hari umumnya menggunakan sistem perpanjangan otomatis untuk mempermudah pelanggan dalam menikmati layanan. Contohnya adalah Paket Unlimited, Smartplan, maupun Volume Based.

Smartfren untungnya menyediakan beberapa metode menonaktifkan paket yang mudah untuk digunakan. Kita di antaranya bisa menggunakan SMS, aplikasi MySF, atau kode UMB. Kalaupun kesulitan, kita pun juga bisa menghubungi layanan konsumen mereka.

Data Seluler Hidup Ketika Kuota Atau Masa Aktif Paket Habis

Keteledoran kita saat mengakses jaringan internet menggunakan data seluler juga bisa menjadi salah satu penyebab pulsa berkurang secara tiba-tiba. Jika tidak sadar kuota atau masa aktif paket sudah habis, maka kita akan terkena tarif dasar pemakaian.

Rajin mengecek kuota dan masa aktif paket makanya cukup penting untuk dilakukan. Kita dalam hal ini untungnya bisa melakukannya dengan cukup mudah baik itu menggunakan aplikasi MySF maupun kode UMB.

Tinggalkan Komentar