Smartphone

MediaTek Helio G25 Setara dengan Chipset Qualcomm Snapdragon Apa?

MediaTek Helio G25 Setara Dengan Snapdragon Apa - Header

Gadgetren – Meskipun sebenarnya sudah termasuk chipset yang cukup lawas, MediaTek Helio G25 masih digunakan oleh sejumlah manufaktur untuk mengembangkan handphone yang terjangkau.

Termasuk salah satu di antaranya dapat kita jumpai chipset kelas entri tersebut digunakan untuk mempersenjatai perangkat Infinix HOT 20i yang memperkenalkan diri di penghujung akhir tahun 2022.

Keputusan sejumlah manufaktur untuk menggunakan kembali Helio G25 tentu saja bisa dibilang cukup wajar. Chipset tersebut soalnya bisa dibandingkan dengan beberapa produk milik Qualcomm sebagai mana dalam penjelasan berikut.

MediaTek Helio G25 Setara dengan Qualcomm Snapdragon Apa?

Merujuk pada data yang ditampilkan oleh Smartphone SoC Performance Ladder milik AnTuTu, Helio G25 menempati posisi kelima dari bawah. Chipset tersebut berada satu tingkat yang sama dengan Qualcomm Snapdragon 625 dan Snapdragon 439.

Bagi kamu yang belum tahu, Snapdragon 625 merupakan chipset menengah yang cukup lawas. Sedangkan Snapdragon 439 sama-sama produk yang dikembangkan untuk menyasar kelas entri oleh Qualcomm.

Berdasarkan uji coba pemakaian yang pernah tim Gadgetren lakukan pada beberapa perangkat sebelumnya, Helio G25 juga bisa dianggap setara dengan Qualcomm Snapdragon 450 yang mana berada satu tingkat di bawahnya jika melihat data Smartphone SoC Performance Ladder AnTuTu.

Uji coba kami terhadap Helio G25 pada Xiaomi Redmi 10A berhasil mengumpulkan 133 poin untuk Single-Core dan 475 poin untuk Multi-Core saat memakai Geekbench 5. Skor ini hampir sama dengan Snapdragon 450 pada Samsung Galaxy M11 dan Galaxy A11.

Saat menguji coba Galaxy M11 dengan Geekbench 5, kami berhasil mengumpulkan skor 130 poin untuk Single-Core dan 492 poin untuk Multi-Core. Sementara Galaxy A11 adalah 129 poin untuk Single-Core dan 489 poin untuk Multi-Core.

Namun perlu diingat bahwa bukan berarti pengalaman pemakaian yang ditawarkan oleh handphone-handphone dengan berbagai macam chipset tersebut akan serupa meskipun mendapatkan skor yang cukup setara. Komponen lain seperti RAM, media penyimpanan internal, hingga antara muka sistem operasi juga sangat berpengaruh dalam hal ini.

Meskipun begitu, keempat chipset tersebut sama-sama pas untuk menemani berbagai macam handphone di kelas entri. Helio G25 yang termasuk di dalamnya pun demikian sehingga tetap bisa menjadi pilihan saat mencari perangkat baru dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Komentar