Berita Operator Seluler

Layanan eSIM Indosat Bakal Segera Rilis Dalam Waktu Dekat?

Indosat Ooredoo Hutchishon Logo

Gadgetren – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison tampaknya bakal segera mengeluarkan layanan eSIM buat penggunanya. Informasi ini dibocorkan melalui sebuah cuitan dari Bhaguz Hernawan atau @bhaguz_403 di Twitter yang mengatakan bahwa eSIM Indosat akan diluncurkan pada tanggal 25 Desember 2022 mendatang.

Sementara itu pihak Indosat Ooredoo Hutchison hingga berita ini dibuat belum memberikan informasi lebih jauh maupun konfirmasi terkait kabar tersebut. Namun begitu melalui cuitan Indosat Care di Twitter, eSIM sudah bisa didapatkan pada area tertentu Jakarta seperti di gerai KPPTI, Kota Kasablanka, Roxy, Pondok Indah, Mangga Dua, dan Mall Ambassador.

Ketersediaan layanan eSIM Indosat secara pasti masih belum diketahui untuk sementara waktu. Jika memang Indosat mulai menghadirkan layanan eSIM, ketersediaannya mungkin akan secara bertahap pada area-area lainnya.

Sedangkan untuk layanan prabayar seperti dilansir dari Makemac, pengguna kartu nano SIM dari Indosat Ooredoo Hutchison dikatakan mulai bisa beralih ke eSIM pada tanggal 25 Desember 2022 mendatang dengan mengunjungi galeri Indosat Ooredoo Hutchison.

Pihak Indosat Care mengungkapkan bahwa teknologi eSIM hanya bisa untuk prefix 081410 sampai dengan tanggal 20 Desember 2022 mendatang. Kemudian untuk layanan ganti kartu ke eSIM pada prabayar Indosat Care disebutkan belum tersedia.

Sebelumnya teknologi eSIM sendiri telah melalui proses uji coba secara internal sejak tahun lalu sekitar awal Agustus 2021. Pada waktu itu pelanggan lama dan pengguna baru bisa mendaftarkan diri untuk program Registrasi Uji Coba eSIM yang berlangsung pada tanggal 9-22 Agustus 2021.

OPPO-Reno8Z-5G-VolumeSimTray

Sebagai tambahan informasi, eSIM merupakan kepanjangan dari embedded-SIM yang mana berupa sebuah teknologi yang memungkinkan kartu seluler tak lagi harus berupa kartu fisik. eSIM pun sudah digunakan sejak tahun 2018 pada perangkat iPhone XS atau yang lebih baru. Berkat eSIM, perangkat iPhone bisa menyediakan dua opsi layanan seluler.

Keuntungan teknologi eSIM di iPhone pun memungkinkan pengguna bisa menyimpan beberapa nomor kartu seluler secara digital dan bisa mengaktifkan salah satunya sesuai kebutuhan. Kartu eSIM juga bisa lebih aman dalam penggunaan untuk menghindari modus mencabut kartu dari handphone yang dicuri.

Dukungan eSIM yang dihadirkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison akan menemani Smartfren yang mana menjadi operator seluler di Indonesia yang saat ini telah menerapkan eSIM pada produk kartu selulernya.

Tinggalkan Komentar