Tips dan Trik Handphone

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Handphone Android Supaya Muncul Lagi

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP Android Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Pada saat kapasitas penyimpanan internal hampir penuh di handphone Android, biasanya kamu akan langsung menghapus beberapa file seperti foto, video, lagu, dan lainnya yang dirasa tidak penting.

Namun ada saatnya ternyata kamu tidak sengaja menghapus video yang penting melalui aplikasi Gallery atau File Manager bawaan handphone. Sebenarnya tidak perlu khawatir karena handphone masa kini sudah memiliki album Trash yang mirip Recycle Bin.

Dalam album Trash biasanya berisikan file yang telah dihapus melalui aplikasi Gallery atau File Manager. Biasanya apabila video dalam album tersebut tidak ingin dihapus, maka hanya tinggal memilih videonya dan mengaktifkan fitur Recover.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Handphone

Melalui Album Trash

  • Buka aplikasi Gallery atau File Manager di handphone
  • Cari Album Trash atau Recently Deleted
  • Cari video yang telah dihapus
  • Pilih video yang dihapus tadi dan tekan tombol Restore
    Video Recover - Handphone - Trash

Setelah proses pemulihan atau recover data selesai, maka secara otomatis video tersebut akan kembali ke folder semula di penyimpanan handphone. Namun apa jadinya kalau, video tersebut justru terhapus juga dari album Trash?

Jika itu terjadi, kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan video tersebut. Salah satunya  seperti Photo Recovery: Video Recovery, yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

  • Buka Photo Recovery: Video Recovery
  • Pada halaman awal, kamu diminta memilih bahasa dan izin akses penyimpanan handphone
  • Setelah bahasa dipilih dan akses diizinkan, maka kamu dihadapkan pada halaman utama
  • Pada halaman utama, pilih Recover Videos
  • Setelah video yang dihapus telah ditemukan, maka kamu hanya tinggal perlu memulihkan atau Recover sajaVideo Recover - Handphone - Aplikasij

Semakin banyak file yang dihapus, tentunya akan membuat estimasi pencarian menjadi lebih lama. Meskipun begitu, aplikasi Photo Recovery: Video Recovery justru dapat menemukan banyak video yang telah dihapus dengan waktu lebih dari sehari.

Sayangnya aplikasi ini memiliki banyak iklan sehingga kamu harus bersabar ketika menggunakannya untuk memulihkan video. Namun sebenarnya iklan merupakan hal yang wajar mengingat aplikasi ini dapat dipakai gratis.

Sementara itu, kamu juga harus menunggu aplikasi ini memandai keseluruhan file di handphone apabila ingin menuju proses pemulihan video. Bisa dibilang cukup memakan waktu ketika data maupun file yang kamu miliki banyak.

Proses pemulihan melalui aplikasi pihak ketiga ini masih dapat dilakukan asalkan penyimpanan internal dari handphone tidak diformat maupun tertimpa oleh file lainnya.

Tinggalkan Komentar