Aplikasi Tips dan Trik

Cara Memulihkan Foto Terhapus di Handphone Android Agar Kembali Lagi

Cara Memulihkan Foto Terhapus di Handphone Android

Gadgetren – Handphone masa kini sudah dibekali dengan dukungan kamera depan dan belakang yang mampu mendukung pengambilan foto dengan kualitas yang bagus.

Untuk memudahkan kamu dalam membagikan hasil foto dari kamera handphone ke teman melalui jejaring sosial atau aplikasi chat, biasanya sebagian dari kamu akan menyimpan foto-foto tersebut dalam waktu yang lama.

Namun pada saat kurang beruntung, tiba-tiba foto yang telah disimpan di handphone tidak sengaja terhapus. Hal ini tentunya akan membuat kamu panik padahal foto tersebut berisikan salah satu momen terpenting yang pernah diabadikan.

Kamu pun dapat mencoba beberapa aplikasi dari pihak ketiga di Google Play Store yang dapat memulihkan atau recovery foto yang telah terhapus tadi.

Meskipun masih ada kemungkinan beberapa foto tidak dapat kembali, namun tidak ada salahnya kamu mencoba aplikasi dengan rating bagus terlebih dulu.

Cara Memulihkan Foto Terhapus di Handphone Android

Dengan File Recovery – Recover Deleted Files

  1. Unduh dan pasang File Recovery – Recover Deleted Files dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi setelah terpasang
  3. Pada halaman utama aplikasi, pilih Photo Recovery
  4. Tunggu proses analisis pencarian foto yang telah terhapus hingga selesai
  5. Setelah aplikasi menampilkan foto, pilih data yang ingin dipulihkan
  6. Tekan tombol Recovery untuk mulai memulihkan foto
  7. Nantinya semua foto yang dipulihkan dapat diakses pada folder semula melalui aplikasi Gallery atau File Manager bawaan handphone

Photo Recovery Handphone File Recover

Tidak hanya foto, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memulihkan video maupun audio yang tidak sengaja terhapus. Namun apabila aplikasi ini sedang mengalami bug atau error, mungkin kamu dapat mencoba aplikasi berbayar seperti Dumpster.

Dengan Dumpster

  1. Download dan install Dumpster dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi setelah terpasang di handphone
  3. Selanjutnya, kamu dapat berlangganan akun Premium Dumpster terlebih dulu
  4. Setelah berhasil berlangganan, maka dapat mengunjungi halaman Deep Scan
  5. Pada halaman Deep Scan, kamu akan melihat foto, video, serta audio yang dapat dipulihkan
  6. Pilih atau centang foto yang akan dipulihkan
  7. Tekan tombol Recovery dan tunggu proses pemulihan hingga selesai
  8. Nantinya foto akan dipulihkan ke direktori semula

Photo Recovery Handphone Dumpster

Meskipun Dumpster bisa menggunakan akun gratis, namun kamu akan tetap diarahkan untuk berlangganan akun Premium ketika memilih foto yang akan dipulihkan muncul di aplikasi.

Dumpster sendiri sedang memberikan diskon untuk langganan akun Premium sebesar Rp 139.000 untuk selamanya dari harga normalnya Rp 1.441.052. Sementara untuk lamanya waktu pemulihan tergantung dari seberapa banyak kamu memilih foto yang ditampilkan untuk dikembalikan.

Perlu dicatat bahwa foto yang terhapus di handphone ada kemungkinan juga tidak dapat dipulihkan karena beberapa faktor sehingga kamu sebaiknya selalu mencadangkan atau backup foto secara berkala ke penyimpanan cloud atau solusi penyimpanan lainnya.

Tinggalkan Komentar