Berita Tekno

OpenSignal: 5G di Indonesia Hampir 4 Kali Lebih Cepat dari 4G dan WiFi

OPPO Reno5 5G - Sinyal 5G

Gadgetren – Memasuki penghujung akhir tahun 2022, lembaga riset OpenSignal mengeluarkan laporan terbarunya mengenai kualitas jaringan 5G di Indonesia yang lebih cepat dibandingkan dengan 4G dan WiFi.

Dalam laporannya itu OpenSignal memaparkan bahwa 4G memiliki kecepatan unduh lebih cepat daripada WiFi. Sedangkan 5G memiliki kecepatan unduh rata-rata hampir empat kali lebih cepat daripada WiFi.

Lebih jauh dari data yang ditampilkan OpenSignal, pengalaman kecepatan unduh pengguna handphone di Indonesia rata-rata memperoleh 17Mbps dengan menggunakan jaringan internet 4G. Namun ketika menggunakan jaringan WiFi kecepatan unduh rata-rata pengguna handphone di Indonesia hanya 14,6Mbps.

Sementara pengguna handphone yang menggunakan jaringan 5G mampu mencapai kecepatan unduh rata-rata 54,6Mbps di mana 3,3 kali lebih cepat dari 4G dan 3,9 kali lebih cepat dari WiFi.

Di sisi lain berbicara terkait kecepatan unggah pengguna handphone di Indonesia OpenSignal menyebutkan bahwa masyarakat lebih menerima manfaat pada jaringan 5G dan 4G ketimbang WiFi.

Kecepatan unggah sendiri sangat penting untuk pengguna berselancar di media sosial, mengirim email dengan lampiran dokumen yang memiliki memori besar, panggilan video, hingga terhubung ke sistem internet perusahaan tempat bekerja dengan menggunakan VPN.

Kecepatan unggah dengan jaringan 4G rata-rata sekitar 7,7Mbps yang mana 2,4Mbps lebih tinggi dari WiFi. Sedangkan pengguna jaringan 5G mendapatkan kecepatan unggah rata-rata mencapai 19,6 Mbps yang mana 3,1 kali lebih cepat daripada WiFi dan 2,5 kali lebih cepat dari 4G.

OpenSignal-5G-lebih-unggul-dari-4G-dan-WiFi-

Di samping itu untuk penggunaan streaming video di Indonesia, pengguna mendapatkan pengalaman terbaik dengan menggunakan jaringan 5G. Dalam data OpenSignal menyebutkan bahwa pengalaman video dengan 5G di Indonesia memiliki kategori sangat baik dengan skor 67,4 poin.

Bila dibandingkan dengan jaringan WiFi dan 4G mendapatkan kategori cukup baik dengan skor 42,6 sampai 44,9. Namun begitu, untuk pengalaman mobile multiplayer gaming di Indonesia, jaringan WiFi malah menawarkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan 4G.

Dengan hasil laporan tersebut, OpenSignal menilai bahwa  pengguna handphone di Indonesia akan mendapatkan manfaat dengan beralih ke 5G. Akan tetapi meskipun kecepatan 5G lebih unggul, WiFi dan 4G masih saling melengkapi dan akan terus berdampingan untuk meningkatkan konektivitas.

Tinggalkan Komentar