Tips dan Trik Handphone

Cara Memakai Belah Layar di realme dengan Split Screen Buat Buka Dua Aplikasi Sekaligus

Cara Belah Layar di realme - Header

Gadgetren – Bagi kita yang sering menggunakan dua aplikasi sekaligus, fitur membelah layar atau Split screen memang bisa sangat membantu karena kita tidak perlu lagi membukanya secara bergantian.

Dengan fitur ini, kita bisa membuka tampilan dari kedua aplikasi yang dibutuhkan secara bersamaan. Jadi kita bisa mengerjakan beberapa aktivitas sekaligus seperti mengetik sambil membaca informasi yang diperlukan atau bermain game sambil menonton video.

Fitur membelah layar kabar baiknya sudah menjadi salah satu dukungan dasar yang seolah-olah wajib ada di handphone-handphone masa sekarang. Kita secara khusus juga dapat menemukannya pada lini perangkat buatan realme.

Lewat antarmuka realme UI yang digunakannya, handphone-handphone buatan realme juga mempunyai dukungan untuk membelah layar sebagai salah satu fiturnya. Kita pun bisa memakainya dengan sangat mudah.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengakses fitur membelah layar di handphone realme. Namun sebelum itu, kita perlu mengaktifkan pengaturannya terlebih dulu sebagaimana dalam langkah berikut.

Cara Mengaktifkan Fitur Belah Layar di Handphone realme

  • Kunjungi halaman Settings handphone realme
  • Masuk ke bagian Convenience tools jika diperlukan
  • Buka menu Split screen
  • Aktifkan tombol pada opsi Split screen
  • Aktifkan juga opsi Swipe up with 3 fingers to enable Split screen

Setelah mengaktifkan pengaturan fitur membelah layar seperti langkah-langkah di atas, kita selanjutnya dapat memakainya dengan beberapa metode. Termasuk di antaranya meliputi gesture tiga jari dan tombol recent app.

Cara Memakai Fitur Belah Layar di Handphone realme

Gesture Tiga Jari

  • Buka aplikasi yang mau diakses bersamaan
  • Setelah terbuka, usapkan tiga jari dari bawah ke atas
  • Layar akan terbelah dengan tampilan aplikasi tersebut di bagian atas
  • Selanjutnya buka aplikasi kedua di bagian layar bawah

Penting untuk diingat bahwa belum semua aplikasi bisa dipakai dengan fitur belah layar. Untuk menggunakannya, kita harus memastikan terlebih dulu hal tersebut. Tampilan nanti tidak akan berubah sama sekali jika salah satu belum mendukungnya.

Tombol Recent Apps

  • Jalankan aplikasi yang mau digunakan secara bersamaan
  • Tekan dan tahan tombol Recent app (ikon menu di samping tombol home)
  • Setelah layar terbelah, buka aplikasi kedua di bagian yang disediakan

Selain menahan tombol Recent app, kita juga bisa mengetuknya saja. Namun setelah itu kita perlu melanjutkannya dengan menekan ikon titik dua di aplikasi yang mau dipakai secara bersamaan lalu memilih opsi Split screen.

Fitur belah layar juga bisa dipakai lewat Smart sidebar. Hanya saja kita dalam hal ini perlu mengatur dan menambahkan aplikasi-aplikasi yang akan digunakan secara bersamaan ke menu tersebut terlebih dahulu. Tentu saja kurang praktis kecuali bakalan sering digunakan.

Tinggalkan Komentar