ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengembalikan Draf TikTok Agar Dipulihkan dan Bisa Diunggah Kembali

Cara Mengembalikan Draf TikTok Header

Gadgetren – Layanan video singkat TikTok menyediakan fitur draft untuk konten video yang masih dalam proses pembuatan atau rancangan.

Fungsi draft sendiri dihadirkan untuk membantu kita menyimpan stok video mereka agar memiliki persediaan video yang cukup.

Draft yang dibuat dan disimpan pun tidak terbatas jumlahnya sehingga kita seperti punya cadangan konten yang bisa diunggah. Kita bisa membuat konten video dan menyimpannya dalam bentuk draft sesuka hati, termasuk menghapusnya jika ingin mengurungkan.

Nah akan tetapi kadang terjadi video draft yang telah kita buat hilang dari halaman profil baik tak sengaja terhapus atau memang hilang begitu saja. Untuk memulihkannya, TikTok sayangnya belum memberikan fitur khusus yang berisi konten draft yang telah di hapus.

Oleh karena itu kita hanya bisa melaporkannya ke pihak TikTok sebagai satu-satunya cara agar video draft kembali melalui fitur Laporkan Masalah. Fitur ini bisa kamu temukan pada menu Pengaturan dan privasi pada ikon garis tiga yang terletak di halaman profil TikTok kita.

Cara Mengembalikan Draf TikTok

  • Masuk ke akun TikTok di handphone kamu.
  • Ketuk tombol Profil. Cara-mengembalikan-draf-TikTok.
  • Ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar. Cara-mengembalikan-draf-TikTok-1
  • Ketuk menu Pengaturan dan privasi. Cara-mengembalikan-draf-TikTok-2.
  • Ketuk menu Laporkan Masalah. Cara-mengembalikan-draf-TikTok-3
  • Ketuk tombol Video dan suara.  Cara-mengembalikan-draf-TikTok-4
  • Ketuk Draf dan kemudian ketuk menu Draf hilang. Cara-mengembalikan-draf-TikTok-5.
  • Ketuk tombol Tidak dengan ikon jempol ke bawah.  Cara-mengembalikan-draf-TikTok-6
  • Ketuk menu Perlu bantuan lainnya? Cara-mengembalikan-draf-TikTok-8
  • Tulis umpan balik kamu kepada TikTok dan unggah foto atau video yang relevan.
  • Ketuk tombol Kirim.  Cara-mengembalikan-draf-TikTok-7.
  • Tunggu balasan dari TikTok dan ikuti petunjuk dari TikTok selanjutnya.

Jika TikTok telah menyelesaikan masalah kamu, maka biasanya draf video yang hilang akan kembali muncul di halaman profil dan kamu bisa menggunakannya kembali hingga menambahkan beberapa pengeditan bila diperlukan.

Akan tetapi draf yang telah hilang sudah lama sayangnya belum tentu bisa dikembalikan sehingga tidak ada jaminan bahwa dengan melaporkan masalah tersebut bisa menjadi solusi. Hal ini dikarenakan video draf yang kamu ingin pulihkan akan tercampur dengan banyak sekali draf lain yang telah dihapus.

Maka dari itu ketika melaporkan masalah tersebut, alangkah enaknya bila kamu menyertakan bukti foto atau video yang mana yang ingin dikembalikan sehingga TikTok tahu dan bisa langsung tertuju pada video yang dimaksudkan untuk dipulihkan kembali.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar