Tips dan Trik Aplikasi

Alasan Mengapa Akun WhatsApp Diblokir Sementara, Jangan Sampai Melakukan Hal Ini!

Mengapa Akun WhatsApp Diblokir Sementara Header

Gadgetren – WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi yang digunakan oleh orang dari berbagai negara untuk saling bertukar pesan secara instan.

Tidak hanya sampai di situ saja, WhatsApp juga dapat dimanfaatkan penggunanya untuk melakukan panggilan video sehingga membuat setiap orang dapat bertatap muka walaupun berada di tempat jauh.

Namun pastinya kamu merasa jengkel apabila pada saat menggunakan WhatsApp tiba-tiba mengalami akun terblokir. Padahal kamu sendiri merasa tidak melakukan kesalahan atau melanggar dari ketentuan WhatsApp.

Supaya tidak bingung, kamu harus mengetahui terlebih dulu beberapa alasan yang biasanya sering terjadi ketika akun WhatsApp diblokir sementara karena bisa saja tidak sengaja melanggar aturan yang diberlakukan.

Jika akun memang sedang diblokir sementara, maka kamu akan mendapatkan pesan tersebut dengan waktu hukuman antara 24 jam hingga 48 jam. Namun setiap kasus orang akan berbeda-beda tergantung dari kesalahan yang dilakukan.

1. Memakai Aplikasi WhatsApp Modifikasi

Berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh pihak WhatsApp, kamu dilarang untuk menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi atau modifikasi seperti WhatsApp GB, WhatsApp Plus, dan lainnya yang beredar untuk diunduh lewat pihak ketiga.

Pada aplikasi modifikasi memang terdapat beragam fitur menarik, namun tentunya ini melanggar ketentuan WhatsApp karena bisa menyebabkan berbagai hal seperti membuat data dari akun menjadi tidak aman.

Apalagi kamu tidak tahu data apa saja yang akan diambil oleh pihak pengembang WhatsApp Modifikasi tersebut. Untuk itulah sebaiknya kamu hanya menggunakan WhatsApp resmi yang dapat diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

2. Dilaporkan Pengguna WhatsApp

Terkadang ada orang yang tidak suka dengan sikap atau pernyataan kamu sehingga menjadi salah satu penyebab banyak orang melaporkan akun WhatsApp kamu.

Dengan dilaporkan secara beramai-ramai, akun WhatsApp kamu bisa diblokir untuk sementara. Oleh karena itu kamu harus bersabar hingga akun dibuka kembali atau bisa juga melakukan banding kepada WhatsApp jika kamu merasa tidak benar-benar bersalah.

3. Dianggap Spammer

Pada saat kamu mengirimkan beragam chat WhatsApp secara bersamaan atau berulang kali kepada pengguna dengan nomor yang belum disimpan pada kontak, maka biasanya WhatsApp akan menganggapmu sebagai Spammer.

Apalagi chat dikirimkan dalam jumlah sangat banyak pada hari yang sama sehingga secara otomatis WhatsApp telah menandai dan membuat akun diblokir sementara. Jadi itu terjadi, kamu harus menunggu hingga akun tidak diblokir lagi oleh WhatsApp agar dapat kembali mengirim chat.

4. Mengirim Virus atau Malware

WhatsApp telah secara ketat untuk menjaga privasi dan keamanan dari penggunanya. Kamu pun tidak diizinkan mengirimkan link dan file yang terdeteksi sebagai virus atau malware. Apabila kamu sampai ketahuan melakukan hal tersebut, maka WhatsApp tak segan-segan untuk memblokir akun kamu.

5. Melakukan Hal Buruk

Melakukan hal buruk seperti mengirimkan ancaman pembunuhan, kekerasan melalui kata-kata, maupun pelecehan terdapat pengguna lain bisa menyebabkan akun WhatsApp secara otomatis langsung diblokir sementara.

Namun perlu dicatat bahwa akun juga akan ditandai oleh WhatsApp sehingga apabila sampai ketahuan lagi dalam melakukan hal burut bakal membuat akun tidak akan selamat alias diblokir selamanya.

6. Scraping Data di WhatsApp

 Scraping merupakan ekstraksi otomatis yang ditargetkan pada orang tertentu maupun dalam skala besar untuk tujuan yang tidak diizinkan. Nantinya kamu akan memperoleh informasi pengguna tanpa izin seperti nomor telepon, foto profil pengguna, dan status.

Tentunya ini termasuk melanggar ketentuan jika suatu akun melakukan pengerukan data terhadap pengguna lain sehingga bisa menyebabkan akun diblokir sementara oleh WhatsApp.

Tinggalkan Komentar