Smartphone

Perbedaan POCO M5 dan POCO M5s – Saudara yang Benar-Benar Berbeda

POCO M5 Vs POCO M5s - Header

Gadgetren –  Meskipun diluncurkan bersamaan dan bahkan menyandang nama yang hampir sama, handphone baru POCO M5 dan POCO M5s nyatanya perangkat yang benar-benar sangat berbeda.

POCO M5 hadir dengan menawarkan kinerja mumpuni sebagai keunggulan utama. Sementara saudaranya, POCO M5s, memperkenalkan diri sebagai perangkat serbaguna dengan spesifikasi yang terlihat merata.

Meskipun begitu, kita mungkin akan sedikit kebingungan saat perlu memilih karena banderol harga kedua handphone tersebut lumayan berdekatan. Kamu makanya perlu memperhatikan perbandingan POCO M5 dan POCO M5s berikut supaya lebih mudah.

Perbandingan POCO M5 Vs POCO M5s

Bagi kamu yang belum tahu, kedua handphone tersebut sama-sama dibanderol dengan harga Rp2 jutaan. POCO M5 dapat dibeli dengan dana senilai Rp2.099.000 atau Rp2.299.000 sedangkan POCO M5s Rp2.299.000 atau Rp2.599.000 tergantung varian yang dipilih.

Chipset yang ditawarkan oleh POCO M5 menariknya jauh lebih unggul meskipun dibanderol lebih terjangkau. MediaTek Helio G99 yang dibawanya tak hanya membawa teknologi lebih mutakhir tetapi juga punya kinerja lebih kuat.

Seperti apa yang kita tahu bersama, POCO M5s kembali menggunakan chipset lawas MediaTek Helio G95. Padahal biasanya hanya mampu menembus sekitar 360ribu skor AnTuTu versi 9 sementara Helio G99 bisa mencapai 380ribu.

Di atas kertas, POCO M5 tentu bisa berjalan secara lebih lancar saat digunakan. Handphone tersebut apalagi juga dilengkapi dengan layar 2048 x 1080 piksel berukuran 6,58” yang mampu menampilkan animasi hingga 90Hz.

POCO M5 Vs POCO M5s - 1

POCO M5s

Sebagai bahan pertimbangan, POCO M5s hanya dilengkapi dengan layar 2400 × 1080 piksel berukuran 6,43” yang mana hanya mempunyai refresh rate standar hingga 60Hz. Jadi animasi untuk konten-konten tertentu akan kalah mulus.

Hanya saja perlu diingat, POCO M5s sudah dilengkapi dengan dukungan layar Super AMOLED. Panel jenis ini secara teknis dapat menghasilkan kontras dan kecerahan lebih baik ketimbang IPS seperti apa yang dipakai POCO M5.

Pengalaman pemakaian dari kedua handphone tersebut juga bisa berlaku sebaliknya. Meskipun membawa chipset yang bertenaga, POCO M5 sayangnya hanya dipersenjatai RAM sebesar 4GB sedangkan POCO M5s selain itu juga punya opsi 6GB.

Kamera POCO M5 juga kalah telak dengan saudaranya. Tak hanya dibekali dengan resolusi yang jauh lebih tinggi, POCO M5s soalnya juga mempunyai jenis lensa lebih lengkap sehingga dapat menangani lebih banyak skenario pengambilan gambar.

POCO M5 Vs POCO M5s - 2

POCO M5

POCO M5 dalam hal ini hanya dilengkapi dengan kamera utama 50MP + makro 2MP + kedalaman 2MP dan kamera selfie 5MP. Sementara POCO M5s menawarkan konfigurasi 64MP + sudut lebar 8MP + makro 2MP + kedalaman 2MP serta selfie 13MP.

POCO M5s pun sudah memakai teknologi 33W saat POCO M5 hanya membawa pengisian 18W. Dengan kata lain, bisa mengisi daya lebih cepat apalagi baterai dari kedua handphone tersebut sama-sama berkapasitas 5.000mAh.

Sayangnya, paket penjualan POCO M5s tidak menyertakan adaptor sebagai tambahan di mana ini sedikit berbeda dengan saudaranya. Kita oleh karena itu perlu mengeluarkan uang lebih jika belum punya.

Selain harganya lumayan, kita juga tidak membeli adaptor secara asal-asalan. Pastikan untuk mengecek atau bertanya dulu sebelum membelinya karena tidak semua produk dari pihak ketiga mendukung protokol pengisian 33W milik Xiaomi.

Fitur yang dibawa POCO M5s juga lebih lengkap. Termasuk di antaranya, handphone tersebut sudah mengusung sertifikasi IP 53 yang menunjukkan bahwa perangkat mempunyai ketahanan lebih baik terhadap cipratan air dan debu.

Tinggalkan Komentar