Rekomendasi

Rekomendasi Set Top Box Bersertifikasi Kemenkomifo Untuk TV Digital

Set Top Box Header

Gadgetren – Sebelumnya telah dibahas mengenai tata cara dan syarat untuk bisa mendapatkan Set Top Box (STB) untuk menikmati siaran TV digital secara gratis dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Namun Set Top Box gratis hanya bisa didapatkan apabila kamu beserta keluargamu berstatus Rumah Tangga Miskin dan daerahnya terdampak pemutusan siaran TV Analog.

Dengan begitu apabila kamu tidak memenuhi syarat tersebut, maka dapat membeli STB bersertifikasi Kemenkominfo yang telah dijual secara resmi melalui berbagai knal.

Harga Set Top Box Pilihan Bersertifikasi Kemenkominfo

  • Matrix GARUDA DVB-T2: Rp260.000
  • TANAKA T2 New: Rp180.000
  • ERZA Genesis DVB T2: Rp160.000
  • Goldsat REVO DVB-T2: Rp200.000
  • Myvo DVB STAR – 01: Rp220.000

Matrix GARUDA DVB-T2

Matrix Garuda DVB-T2 STB

Set Top Box yang satu ini telah dilengkapi dengan kemampuan untuk memutar video hingga resolusi Full HD (1080p). Hal ini membuat Televisi yang menggunakan perangkat ini dapat menerima siaran TV Digital dengan kualitas HD.

Dengan chipset GX6701 dan RAM 512 MB, STB ini memiliki performa yang lancar untuk menjalankan siaran TV Digital. Dalam paket penjualannya pun sudah disediakan kabel RCA ke RCA sehingga memudahkan proses penyambungan ke TV Analog.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan buku manual, kartu garansi, remote control, sepasang baterai AAA untuk remote control, WiFi Receiver Dongle, dan adaptor untuk tersambung dengan sumber energi.

Apabila menggunakan WiFi Receiver Dongle, maka STB ini juga menerima akses internet dan membuatnya dapat menjalankan aplikasi YouTube, YouTube Kids, Vidio, WeTV, dan TikTok.

Selain itu, terdapat fitur MEECAST yang memungkinkan konten pada layar handphone, tablet, maupun laptop dapat ditampilkan di TV melalui STB.

TANAKA T2 New

Tanaka T2 New STB

Sebagai STB yang bersertifikasi Kemenkominfo, TANAKA T2 New sudah dilengkapi dukungan siaran TV Digital hingga berkualitas Full HD sehingga dapat memanjakan mata penggunanya ketika sedang menonton berita, sinetron, Talk Show, Reality Show, dan lainnya dari channel yang berhasil ditangkap.

STB ini telah dilengkapi dengan kabel RCA ke RCA, buku panduan, kartu garansi, adaptor untuk sumber energi, dua port USB, dan remote control. Untuk terhubung dengan internet, kamu perlu membeli Receiver WiFi secara terpisah dan nantinya dapat dipasang di port USB.

Selain itu, kamu juga dapat mengunduh aplikasi SuperCast pada STB ini sehingga membuat tampilan handphone maupun tablet dapat dilihat di TV. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengakses IPTV.

ERZA Genesis DVB T2

Erza Genesis DVB T2 STB

Melihat peluang dari siaran TV Digital ini, ERZA pun turut menghadirkan STB dengan harga terjangkaunya yang bernama ERZA Genesis DVB T2. Perangkat ini diotaki prosesor Sunplus 1509C yang mampu menjalankan siaran dari berbagai channel dengan kualitas hingga Full HD (1080p).

Hampir sama dengan STB lainnya, kamu tetap membutuhkan antena untuk bisa menampilkan siaran TV Digital dari berbagai channel. Tentunya antena lama kamu bisa dihubungkan dengan STB ini.

ERZA Genesis DVB T2 telah dibekali remote control, adaptor untuk terhubung dengan sumber neregi, dan kabel RCA ke RCA untuk menghadirkan audio dan visual di TV Analog.

Kamu juga bisa membeli Receiver WiFi terpisah yang nantinya dapat dihubungkan pada port yang telah disediakan sehingga membuat ERZA Genesis DVB T2 dapat menerima akses internet dan menjalankan aplikasi seperti YouTube, WeTV, TikTok, Media Player, dan IPTV.

Goldsat REVO DVB-T2

Goldsat REVO DVB T2 STB

Goldsat pun turut menghadirkan Set Top Box untuk mendukung siaran TV Digital di Indonesia, yakni Goldsat REVO DVB-T2. Perangkat ini pun hanya dibanderol dengan harga yang mencapai Rp200.000.

Untuk membuat dapat terhubung dengan TV Analog, perangkat ini sudah dilengkapi dengan kabel RCA ke RCA yang biasanya digunakan untuk menampilkan Audio dan Visual di layar.

STB ini menggunakan prosesor MStar yang dapat menangani siaran TV Digital berkualitas Full HD sehingga dapat memanjakan mata penggunanya. Untuk pengendali jarak jauhnya, kamu dapat menggunakan remote control yang disediakan dalam paket penjualannya.

Meskipun telah mendukung fitur YouTube, Media Player, maupun IPTV, namun kamu harus membeli dongle WiFi secara terpisah agar dapat STB ini bisa mendapatkan akses internet.

Myvo DVB STAR – 01

Myvo Star 01 DVB T2

Dibanderol dengan harga Rp220.000, STB Myvo DVB STAR – 01 sudah didampingi oleh remote control, buku panduan, kartu garansi, kabel RCA ke RCA, adaptor ke sumber energi, dan kabel HDMI.

Hal ini cukup menarik karena Myvo DVB STAR – 01 menghadirkan juga kabel HDMI yang memudahkannya dihubungkan ke Televisi yang sudah memiliki port HDMI untuk menampilkan audio dan visual.

Kombinasi prosesor GX6701, RAM 512 MB, dan Flash Memory 8 MB dapat menangani siaran TV Digital yang ditangkap STB untuk disalurkan ke TV yang terhubung dengan kualitas Full HD.

Tinggalkan Komentar