Perpaduan Harmonis OPPO Band 2 dan OPPO A77s Untuk Menunjang Aktivitas Sehari-hari

OPPO Band 2 dan A77s Feature

Sebagai salah satu smartband OPPO yang telah hadir di Indonesia, OPPO Band 2 hadir dengan fitur untuk menunjang kebugaran, kesehatan, dan aktivitas sehari-hari.

Apalagi OPPO Band 2 mudah terhubung dengan handphone buatan OPPO termasuk OPPO A77s maupun handphone berbasis Android beragam merek. Proses untuk menghubungkan antara smartband dan OPPO A77s bisa dibilang mudah.

Sebagai permulaan saya perlu mengaktifkan koneksi Bluetooth dan install aplikasi HeyTap Health di OPPO A77s. Setelah keduanya hal di atas siap, saya pun langsung mencari OPPO Band 2 di aplikasi HeyTap Health.

OPPO Band 2 Menu

Pada HeyTap Health, saya tinggal menambahkan OPPO Band 2 pada opsi yang tersedia dan aplikasi secara otomatis mencarinya. Apabila OPPO Band 2 muncul, maka tinggal melakukan proses pairing hingga tersambung dengan OPPO A77s.

Setelah kedua perangkat terhubung, saya sendiri lebih leluasa dalam melakukan beragam pengaturan terhadap OPPO Band 2 di aplikasi HeyTap Health yang terpasang pada OPPO A77s mulai dari pemilihan Watch Face, penentuan notifikasi panggilan telepon maupun aplikasi, fitur kebugaran apa saja yang diaktifkan otomatis, hingga pengamatan semua data kesehatan yang telah tersinkronisasi.

Sepengalaman saya, OPPO menyediakan lebih dari 150 Watch yang dapat langsung dipilih di aplikasi. Saya hanya perlu memilih salah satu, menekan tombol Set as Watch Face, dan tampilan Watch Face di OPPO Band 2 akan langsung berubah sesuai dengan pilihan.

Hal ini memperlihatkan bahwa sinkronisasi antara OPPO Band 2 dan OPPO A77s terasa cepat yang secara langsung dapat mengubah tampilan Watch Face setelah dipilih.

Menariknya, saya pun bisa menyesuaikan tampilan Watch Face dengan warna pakaian menggunakan AI Outfit. Fitur ini dapat mendeteksi warna pakaian atau obyek lainnya yang telah saya foto dari OPPO A77s. Nantinya algoritma Artificial Intelligence (AI) langsung membuatkan tampilan Watch Face sesuai dengan pola warna tersebut.

OPPO Band 2 dan A77s Companion

Secara bawaan, aplikasi HeyTap Health akan mengaktifkan sinkronisasi notifikasi panggilan telepon dan beberapa aplikasi yang dirasa sering digunakan seperti Messages, Facebook, Gmail, Instagram, Messenger, LinkedIn, Telegram, WhatsApp, dan lainnya yang telah hadir di OPPO A77s.

Namun saya sendiri dapat langsung menentukan aplikasi mana saja yang notifikasinya boleh dimunculkan di layar OPPO Band 2. Dalam hal ini notifikasi telepon dan aplikasi yang hadir di handphone dapat muncul secara real time pada saat itu juga di smartband.

Dengan begitu, saya langsung dapat dengan cepat mengetahui notifikasi penting apa yang muncul di OPPO Band 2 ketika sedang tidak memegang handphone. Pada smartband ini pun terdapat menu Find My Phone yang memungkinkan saya dapat mencari OPPO A77s yang pernah beberapa kali lupa ditaruh di mana.

Meskipun handphone diatur dalam keadaan Sunyi atau Silent, namun Find My Phone akan memaksanya untuk memunculkan nada dering yang keras sehingga dapat diketahui lokasinya.

Selain itu, hadirnya menu Music Control mengizinkan saya untuk memutar atau menghentikan hingga memundurkan atau memajukan musik melalui layar OPPO Band 2 ketika aplikasi pemutar musik maupun streaming sedang dijalankan di handphone.

OPPO Band 2 - Sleep 7 November 2022

Pada saat saya menggunakan OPPO Band 2 dalam kondisi tertidur, maka sistem secara otomatis akan mendeteksi aktivitas tidur saya. Data seperti Deep Sleep, Light Sleep, REM, dan Awake langsung dimunculkan di smartband dan aplikasi HeyTap setelah saya bangun.

Enaknya lagi, sistem pada OPPO Band 2 akan memberitahukan ringkasan aktivitas tidur yang telah dilakukan dan langsung memberikan saran yang penting agar kualitas tidur dapat ditingkatkan.

Tidak hanya itu saja, saya juga dapat langsung mengaktifkan fitur SpO2 yang telah hadir pada smartband ini sehingga bisa langsung mengetahui kadar oksigen dalam darah yang berguna pada masa pandemi COVID-19.

Setelah SpO2 diaktifkan, saya hanya perlu mendiamkan pergelangan tangan saya agar tidak bergerak sehingga proses pengukuran dapat berlangsung dengan lancar. Selama pemakaian harian dari OPPO Band 2, saya sering mendapatkan persentase SpO2 berkisar antara 96% hingga 99% yang mana masuk dalam kategori normal.

OPPO Band 2 SpO2

Sedangkan untuk pengukuran detak jantung, saya dapat mengaturnya untuk berjalan secara otomatis selama 6 menit sekali, 2 menit sekali, atau real time secara berkala ketika sedang menggunakan OPPO Band 2 di pergelangan tangan.

Selama penggunaan OPPO Band 2 yang terhubung dengan OPPO A77s dalam aktivitas sehari-hari, detak jantung saya terdeteksi mencapai 84 hingga 104 bpm (bit per minutes). Hal ini tidak terlalu jauh dengan detak jantung normal berdasarkan kisaran angkat dari American Heart Association (AHA) antara 60 hingga 100 bpm untuk orang dewasa di atas umur 17 tahun.

Melakukan aktivitas olahraga pun saya merasa leluasa karena OPPO Band 2 menghadirkan lebih dari 100 mode olahraga yang dapat langsung saya pilih pada menu Workout yang terdapat di layarnya.

Misalnya saja pada saat saya menggunakan mode Outdoor Walking, OPPO Band 2 dapat menghadirkan beragam data penting mulai dari durasi waktu, kalori yang terbakar, rata-rata detak jantung, jumlah langkah kaki, dan rata-rata irama langkah.

OPPO Band 2 - All Activity

Apalagi terdapat dukungan GPS yang telah terintegrasi dengan OPPO Band 2 sehingga saya dapat langsung melihat jalur pergerakan aktivitas berjalan saya pada peta yang ditampilkan di aplikasi HeyTap Health.

Namun dengan banyaknya mode olahraga yang ditampilkan, saya juga dapat mengeksplorasi data untuk aktivitas olahraga lainnya. Saya sendiri merasa OPPO Band 2 terasa berguna ketika digunakan untuk menunjang aktivitas kesehatan dan kebugaran sehari-hari, apalagi dapat memunculkan beragam data penting.

Dengan dimensi dimensi 45,3mm x 29,1mm x 10,6mm dan berat 33 gram, OPPO Band 2 pun terasa nyaman serta ringan ketika disematkan pada pergelangan tangan saya. Selain itu, layar smartband ini pun akan beralih dari kondisi istirahat ke aktif ketika saya menggeser pergelangan tangan dari bawah ke atas.

Tentunya ini memudahkan saya karena tidak perlu menyentuh layar terlebih dulu ketika hanya ingin melihat waktu dan beberapa informasi di Watch Face. Bisa dibilang OPPO Band 2 dan OPPO A77s dapat berpadu dengan baik, terutama pada saat proses sinkronisasi notifikasi dan data kebugaran.

Apalagi proses penyambungan kedua perangkat ini sangat mudah untuk dilakukan. OPPO Band 2 sendiri sudah dijual dengan harga yang mencapai Rp1.099.000 sedangkan OPPO A77s dibanderol dengan harga yang mencapai Rp3.499.000.

Tinggalkan Komentar