ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Biar Gak Hangus

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel - Header

Gadgetren – Membeli pulsa atau paket data memang sangat diperlukan apabila kita menggunakan kartu prabayar. Jika tidak, nomor yang digunakan soalnya bisa masuk ke masa tenggang.

Masa tenggang sendiri merupakan waktu setelah masa aktif nomor prabayar tidak diperpanjang dan habis. Nomor nanti akan dibatasi sehingga beberapa dukungannya tidak akan dapat dipakai sebagaimana mestinya.

Saat memasuki masa tenggang, sebuah nomor biasanya tidak akan dapat digunakan untuk mengirim SMS, membuat panggilan telepon, atau membeli layanan tertentu. Kita hanya dapat memakainya untuk menerima saja.

Sama seperti masa aktif, masa tenggang juga memiliki batas waktu di mana umumnya hanya 30 hari. Nomor seluler pun akan hangus atau dinonaktifkan kalau kita tidak melakukan pengisian ulang hingga periode ini berakhir.

Mengecek masa tenggang kabar baiknya sangat mudah untuk dilakukan apapun operator yang digunakan. Jika memakai kartu Telkomsel PraBayar, kamu secara khusus dapat mengikuti langkah berikut untuk melakukannya.

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Lewat UMB

  • Buka aplikasi panggilan telepon (dialpad)
  • Ketik nomor *888#
  • Tekan tombol Call
  • Pilih menu Cek Pulsa jika diperlukan
    Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel - 1
  • Informasi mengenai sisa pulsa dan masa tenggang akan ditampilkan di jendela yang muncul selanjutnya

UMB (USSD Menu Browser) memang mudah digunakan tetapi sayangnya tidak mendukung fitur sentuhan layar. Untuk memilih menu atau opsi di dalamnya, kita pun harus mengetikkan angka yang sesuai kemudian menekan tombol Send.

Misalnya untuk memilih Cek Pulsa sesuai dengan langkah-langkah yang saya gunakan di atas, kita perlu mengetikkan angka 7. Kita pun bisa menggunakan cara yang sama untuk menu atau opsi lainnya.

Memakai Aplikasi MyTelkomsel

  • Pasang aplikasi MyTelkomsel jika belum punya
  • Buka aplikasi
  • Login memakai nomor Telkomsel jika belum masuk
  • Lakukan verifikasi dengan metode yang ditunjukkan
  • Pastikan masuk ke tab Home
  • Informasi mengenai masa tenggang biasanya akan ditampilkan di bawah saldo pulsa

MyTelkomsel merupakan aplikasi yang wajib dipertimbangkan saat kita menggunakan layanan Telkomsel. Ada berbagai macam fitur yang bisa mempermudah kita sehari-hari termasuk mengecek pulsa, masa aktif, dan masa tenggang di dalamnya.

Aplikasi ini bisa kamu download melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store sesuai dengan sistem operasi perangkat yang digunakan. Khusus untuk handphone buatan HUAWEI dan OPPO, kita juga bisa mengunduhnya lewat AppsGallery dan App Market.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar