Review Peralatan Elektronik

Review OMRON HEM-7156T – Cek Tekanan Darah dengan Lebih Pintar dan Asik

OMRON HEM-7156T

Gadgetren – Dahulu saya sering menggunakan tensimeter buatan OMRON untuk mengecek tekanan darah sehari-hari. Waktu itu alatnya masih konvensional di mana tidak dapat tersambung ke handphone. Nah kini OMRON membawa tensimeter yang lebih pintar dengan teknologi Bluetooth ke Indonesia yakni OMRON HEM-7156T.

Layaknya sebuah tensimeter, terdapat manset yang dipasangkan ke lengan dan disambungkan ke tensimeter melalui sebuah selang plastik. Pada manset ini terdapat panduan singkat untuk memasang mansetnya dengan benar di lengan.

Pada bagian dalem manset terasa menggunakan material agar keras yang lentur sehingga dapat dengan mudah dipasangkan di lengan. Untuk mengencangkan manset dilakukan melakukan mekanisme velcro di bagian ujungnya.

Agar dapat bekerja, OMRON HEM-7156T memerlukan tenaga dari empat buah baterai AA. Namun sepengelaman saya di tensimeter OMRON yang dulu, lumayan cepat menghisap daya baterai jika sering digunakan. Alternatifnya adalah menggunakan adaptor 6V dengan konektor yang kompatibel dengan tensimeter ini.

OMRON HEM-7156T

Untuk menyambungkan OMRON HEM-7156T dengan handphone diperlukan aplikasi OMRON Connect yang bisa diunduh di Google Play maupun di Apple App Store. Proses pengkoneksiannya tergolong mudah dan secara otomatis aplikasi ini akan menyetel waktu dan tanggal para tensimeternya.

Setelah semuanya sudah siap, mengukur tekanan darah dengan OMRON HEM-7156T cukup dengan memencet tombol Start pada tensimeternya. Perangkat ini selanjutnya akan memompa udara ke manset agar dapat mendeteksi tekanan darah penggunaannya.

Proses ini berjalan cukup cepat yang mana hanya memakan waktu kurang dari 1 menit. Pada layar tensimeter akan ditampilkan skor systolic, diastolic, dan jumlah detak jantung yang telah dideteksi. Perangkat ini bisa langsung memberitahukan jika salah satu nilainya melebihi batas wajar.

Perlu dicatat, OMRON menghimbau agar tidak melakukan makan, minum kopi / alkohol, merokok, mandi, atau berolahraga sebelum melakukan pengecekan agar tidak mempengaruhi hasil tensimeter.

OMRON HEM-7156T

Menariknya dengan fitur Bluetooth yang disediakan oleh OMRON HEM-7156T, data hasil pencatatan tekanan darah bisa ditransfer ke aplikasi OMRON Connect yang terpasang di handphone. Di aplikasi ini saya bisa melihat grafik pencatatan tekanan darah sehari-hari saya dan kapan saja tekanan darah saya abnormal.

Untuk orang-orang yang perlu rutin mengkonsumsi obat atau mengecek tekanan darah mereka, OMRON Connect menyediakan fitur BP Calendar di mana penggunanya mengecek tekanan darah di waktu tertentu di pagi dan malam hari.

OMRON Connect

Agar menjaga dan mengukur tekanan darah lebih mengasikkan, OMRON mengimplementasikan fitur gamifikasi di OMRON Connect di mana jika pengguna aktif mengukur tekanan darah akan mendapatkan HealtCoins dan tiket yang bisa digunakan untuk mendapatkan hadiah seperti voucher belanja.

Sebagai orang yang senang mengecek kesehatan pribadi, tensimeter terbaru OMRON dengan fitur Bluetooth ini terasa lebih bermanfaat karena selain dapat mengecek tekanan darah juga dapat mencatatnya dengan detail ke aplikasi agar sewaktu-waktu bisa saya lihat.

Saat ini OMRON 7156T dijual dengan harga Rp790.000 dan terdapat juga paket bundling dengan adaptor seharga Rp957.700. Saya pribadi lebih menyarankan membeli versi bundling dengan adaptor untuk menghemat pengeluaran membeli baterai.

Tinggalkan Komentar