ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

Cara Mengunci WhatsApp Supaya Pesan Tidak Dijamah Orang Lain

Cara Mengunci WhatsApp Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – WhatsApp merupakan aplikasi favorit bagi sebagian pengguna perangkat seluler. Aplikasi perpesanan ini bahkan telah mengalahkan Facebook, yang telah menjadi raja selama bertahun-tahun.

Dalam uraian yang disampaikan KompasTekno berdasarkan data App Anie, aplikasi perpesanan ini telah memiliki pengguna aktif bulanan (monthly active user) yang kini berjumlah lebih banyak dari aplikasi media sosial Facebook.

Oleh karena itu, aplikasi yang juga dikembangkan di bawah Facebook ini tentu saja memerlukan berbagai macam peningkatan dan fitur baru supaya layanannya tidak ditinggal oleh pengguna setianya.

Pada tanggal 4 Februari 2019 lalu misalnya. Platform WhatsApp mengenalkan fitur Touch ID dan Face ID, yang akan cukup berguna untuk mencegah orang lain mengakses dan membaca pesan yang kita miliki.

Namun sayangnya, fitur baru dari WhatsApp ini untuk saat ini hanya berlaku bagi pengguna iPhone untuk seri 5s ke atas, yang berjalan menggunakan iOS versi 9 atau yang lebih baru.

Cara Menggunakan Touch ID dan Face ID untuk Mengunci WhatsApp

  1. Pertama-tama, masuk ke dalam Settings di aplikasi WhatsApp
  2. Kemudian masuk ke bagian Account, lalu Privacy, dan Screen Lock.
  3. Dari halaman tersebut, kemudian aktif Touch ID atau Face ID
  4. Kamu juga bisa memilih tenggang waktu untuk mengaktifkan Touch ID atau Face ID setelah WhatsApp tertutup

Cara Mengunci WhatsApp iPhone

Untuk dapat memperoleh pengaturan ini, kamu memerlukan WhatsApp dengan versi 2.19.20. Jika di perangkatmu belum ada pembaruan, maka ada baiknya menunggu karena implementasinya memerlukan waktu.

Cara Mengunci WhatsApp di Perangkat yang Belum Didukung Fitur Touch ID dan Face ID (Android)

Karena metode di atas masih berlaku untuk pengguna perangkat iPhone, pengguna perangkat Android bisa menggunakan aplikasi App Lock dari pihak ketiga agar dapat mengunci WhatsApp.

Namun perlu diperhatikan, pada beberapa perangkat Android, fitur app lock telah menjadi salah satu fitur utama. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan fitur ini tanpa perlu menginstal aplikasi dari Google Play Store.

Cara Mengunci WhatsApp ASUS

Contohnya pada perangkat ASUS. Kamu hanya perlu mengetuk selama beberapa saat pada bagian kosong di halaman home screen seperti saat akan mengatur home screen, kemudian memilih opsi Lock apps untuk menggunakannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar