Mading

Kenapa Kadang Kala Kita Tidak Dapat Download Aplikasi di Google Play Store?

Kenapa Tidak Dapat Mendownload Aplikasi di Play Store - Header

Gadgetren – Hampir sebagian besar pengguna tentunya bisa download aplikasi maupun game dengan sangat mudah dari layanan Google Play Store untuk berbagai macam perangkat Android miliknya.

Meskipun begitu, proses download dari layanan milik Google itu bukan berarti bisa terus-menerus sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Kadang-kadang soalnya tetap bisa mengalami sejumlah kendala sehingga aplikasi dan game pun tidak dapat terpasang ke handphone atau tablet. Tentunya hal ini sangat mengganggu karena cukup membingungkan dan menghambat aktivitas.

Penyebabnya bisa dari berbagai macam faktor. Adapun bagi kamu yang sedang mengalami masalah saat download aplikasi maupun game dari Google Play Store, berikut beberapa alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Kenapa Tidak Dapat Download Aplikasi Atau Game di Google Play Store?

1. Koneksi Internet Tidak Memadai

Untuk download aplikasi atau game dari Google Play Store, kita memang membutuhkan koneksi yang cukup memadai agar bisa dapat berlangsung secara lancar. Jika tidak, maka prosesnya bisa berjalan sangat lama atau bahkan gagal begitu saja.

Kita dapat menyegarkan jaringan untuk mencoba mengatasi hal tersebut. Kita dalam hal ini hanya perlu mengaktifkan mode pesawat selama beberapa menit kemudian menonaktifkannya setelah dirasa cukup sebagai bentuk restart singkat.

Jika masih belum bisa, beralih dari jaringan WiFi ke seluler atau sebaliknya bisa menjadi langkah selanjutnya. Di samping itu kita juga bisa mencoba mencari lokasi lain atau mengganti kartu seluler yang digunakan.

Saat masalah jaringan internet masih belum teratasi, selanjutnya kita bisa melakukan reset pengaturan koneksi di handphone atau tablet agar seluruh pengaturan kembali seperti semula. Masing-masing perangkat bisa mempunyai langkah berbeda dalam hal ini jadi kita mungkin perlu mencari tahu di halaman bantuan dari merek terkait.

2. Media Penyimpanan Internal Penuh

Aplikasi dan game di Google Play Store juga tidak bisa kita download jika memori penyimpanan internal perangkat penuh. Kita membutuhkan sisa ruang yang cukup dimana kadang-kadang harus lebih besar dari berkas yang akan dipasang.

Menghapus foto, video, dokumen, lagu, hingga berkas lainnya dapat menjadi hal yang dilakukan untuk melegakan kembali ruang penyimpanan. Namun jika masih diperlukan, kita bisa memindahkan file-file yang dirasa tidak terlalu penting ke perangkat lain atau layanan penyimpanan awan.

Kita tentunya juga harus memprioritaskan aplikasi dan game yang masih ingin digunakan. Apabila sudah tidak diperlukan, maka sebaiknya dihapus untuk mengosongkan ruang penyimpanan apalagi ukurannya memang sangat besar.

3. Penumpukan Cache Atau Data

Seperti halnya layanan berbasis aplikasi secara umum, Google Play Store juga akan memproduksi cache dan data yang kemudian disimpan ke dalam perangkat. Tujuannya untuk mempercepat berbagai macam proses yang perlu diselesaikannya.

Sayangnya, cache dan data yang menumpuk kadang-kadang justru dapat menyebabkan sejumlah masalah. Termasuk di antaranya aplikasi dan game jadi tidak bisa kamu download dari Google Play Store.

Membersihkan cache dan data dari Google Play Store untungnya mudah untuk dilakukan. Meskipun langkah-langkahnya bisa berbeda untuk setiap perangkat tergantung dari versi Android dan antarmuka sistem yang digunakan.

4. Aplikasi dan Game Tidak Tersedia Untuk Pengguna Indonesia

Distribusi aplikasi dan game di Google Play Store biasanya juga dilakukan secara lokal yang mana mungkin hanya tersedia untuk wilayah tertentu. Jadi tidak menutup kemungkinan belum tersedia di Indonesia meskipun sudah diperkenalkan secara global oleh pengembangnya.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal ini mulai dari kebijakan di Indonesia hingga preferensi yang dimiliki oleh pengembang aplikasi atau game itu sendiri termasuk beberapa di antaranya. Untuk permasalahan yang satu ini, tidak banyak yang bisa dilakukan selain menunggu atau mungkin unduh APK secara terpisah.

5. Perangkat Tidak Kompatibel

Pengembang umumnya akan menetapkan spesifikasi minimal untuk aplikasi atau game buatannya. Jika perangkat yang digunakan belum memenuhi hal itu, maka kita tidak akan diizinkan untuk memasangnya untuk menghindari permasalahan penggunaan.

Kompabilitas dari aplikasi dan game ini nanti akan ditentukan berdasarkan peranti keras seperti arsitektur chipset dan RAM hingga peranti lunak atau versi sistem operasi Android yang terpasang di perangkat.

Tinggalkan Komentar