ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Perbedaan OPPO A77s dan OPPO A96 – Apa Cukup Jauh?

OPPO A77s vs OPPO A96 Header

Gadgetren – Bersaing di pasar kelas menengah dengan harga terjangkau, OPPO Indonesia telah menghadirkan OPPO A77s dan OPPO A96 di Tanah Air.

Kedua perangkat ini sama-sama telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz yang memiliki performa lancar di kelas menengah.

Kedua produk ini sama-sama telah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 8 GB. Soal urusan fotografi, OPPO A77s dan OPPO A96 hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera utama 50 MP (apertur f/1.8) dan depth 2 MP (apertur f/2.4).

Apalagi kedua handphone ini mempunyai fitur Bokeh Flare Portrait yang mampu menghasilkan foto dengan subyek yang fokus serta jelas, namun latar belakangnya memiliki efek bokeh berpola bulat layaknya menggunakan kamera profesional.

Pada bagian depannya, kedua handphone ini telah menggunakan layar penuh dengan teknologi IPS LCD, refresh rate 90Hz, dan tingkat kecerahan hingga 600 nits sehingga dapat menampilkan konten dengan baik.

Perbedaan OPPO A77s dan OPPO A96

Untuk perbedaan di bagian depan, OPPO A77s menggunakan layar dengan lebar 6,56 inci yang beresolusi HD+ (1612 x 720 piksel) sedangkan OPPO A96 hadir dengan layar 6,59 inci beresolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel).

Meskipun teknologi penyimpanan internal dari kedua handphone ini sudah menggunakan teknologi UFS 2.2 yang sudah memiliki kecepatan tinggi, namun OPPO A96 hadir dengan kapasitas 256 GB yang mana dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan OPPO A77s.

OPPO A77s

OPPO A77s

Dukungan RAM Expansion yang hadir pada kedua perangkat ini mampu meminjam ruang kosong penyimpanan internal menjadi RAM Virtual. Apabila OPPO A96 mempunyai RAM Virtual hingga 5 GB, maka berbeda dengan OPPO A77s sampai 8 GB.

Dengan begitu, OPPO A96 dapat memiliki RAM dengan kapasitas total 13 GB saat OPPO A77s mempunyai kapasitas total RAM yang lebih besar lagi mencapai 16 GB.

OPPO A96 menggunakan punch hole untuk menjadi rumah bagi kamera depan 16 MP. Sementara OPPO A77s masih menggunakan poni berbentuk waterdrop untuk menampung kamera depan 8 MP.

OPPO A96 sudah dibekali dengan NFC (Near Field Communication) yang dapat memberikan kemudahan dalam transaksi pembayaran digital, pengisian e-money, dan transfer data. Namun OPPO A77s belum dilengkapi dengan fitur tersebut.

OPPO-A96-HandsOn-Back

OPPO A96

OPPO A77s menariknya dibekali dengan Charging Port Protection dimana pada saat charger atau port USB Type-C proses pengisian daya tidak akan aktif hingga 4 jam untuk menghindari terjadinya korsleting listrik jika terkena debu maupun air.

OPPO A77s menggunakan Fiberglass-Leather untuk varian warna Sunset Orange yang terasa seperti kulit. Sementara varian warna Starry Black menggunakan teknik OPPO Glow yang berkilau dan tahan terhadap goresan.

Sementara OPPO A96 menggunakan desain OPPO Glow dengan varian warna Pearl Pink yang memiliki warna gradasi menawan dan varian Starry Black menawarkan warna hitam yang mengkilap. OPPO A77s dijual dengan harga yang mencapai Rp3.499.000 dan OPPO A96 kini dibanderol dengan harga Rp4.099.000.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar