Smartphone

Perbedaan TECNO POVA 4 Pro dan POVA 4 – Serupa Tapi Tak Sama

Perbedaan TECNO POVA 4 Pro dan POVA 4 Header

Gadgetren – TECNO POVA 4 Pro dan POVA 4 menjadi dua handphone baru yang turut meramaikan pasar Indonesia di tahun 2022.

Kedua handphone besutan TECNO Mobile tersebut punya banderol harga yang terpaut cukup lumayan dimana POVA 4 Pro sekitar Rp 2,9 jutaan dan POVA 4 sekitar Rp 2,3 jutaan saat peluncurannya.

Tentunya bakal ada beberapa perbedaan spesifikasi yang dimiliki oleh keduanya. Walaupun begitu, baik POVA 4 Pro dan POVA 4 secara keseluruhan membawa spesifikasi cukup mirip khususnya dalam hal dapur pacu.

Sebagai pusatnya terdapat chipset MediaTek Helio G99 yang punya kinerja tinggi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi di keseharian. Seperti yang kita ketahui, chipset dari Helio G Series ini sudah dibekali fitur HyperEngine 2.0 yang secara khusus hadir untuk gaming sehingga bakal mampu memaksimalkan layar dengan refresh rate 90Hz dari kedua handphone ini.

Ditambah dengan RAM 8GB yang menemani chipset tersebut, kamu yang ingin bermain game menggunakan POVA 4 Pro maupun POVA 4 tentunya tidak perlu khawatir. Belum lagi tersedia pula fitur Extended RAM hingga 5GB yang bisa diaktifkan untuk semakin meningkatkan performa.

Helio G99 TECNO POVA

Helio G99 sebagai chipset POVA 4 Pro dan POVA 4

Urusan fotografi, kedua handphone ini pun menawarkan konfigurasi serupa. Terdapat dua kamera belakang yang mana salah satunya lensa utama 50MP sementara untuk kamera depan menggunakan lensa 8MP.

Handphone yang sudah menjalankan Android 12 ini pun sama-sama tersedia dalam varian Uranolith Grey, Fluorite Blue, Rutile Orange yang terlihat menarik dengan aksen unik di bagian belakangnya.

Perbedaan TECNO POVA 4 Pro dan POVA 4

Sebagai handphone yang menyandang Pro pada namanya, POVA 4 Pro pasti lebih unggul dibandingkan adiknya. Walau sekilas keduanya terlihat mirip dari luar, namun ternyata POVA 4 Pro dan POVA 4 memiliki wajah yang cukup berbeda baik dari segi tampilan maupun panel yang digunakan.

POVA 4 Pro menyajikan layar 6,66 inci yang sudah menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+. Alhasil handphone ini bakal mampu menampilkan gambar lebih baik dengan warna yang lebih nyata dan terlihat lebih detail. Hanya saja, desain layarnya terbilang sedikit lawas dengan model tetesan air untuk mengakomodasi kamera depan.

TECNO POVA 4 Pro Spesifikasi

TECNO POVA 4 Pro

Berbeda dengan layar POVA 4 yang sudah terlihat lebih kekinian lewat desain punch hole. Ditambah lagi ukuran layarnya sedikit lebih besar mencapai 6,82 inci. Namun sebagai gantinya, POVA 4 masih menggunakan panel IPS dan resolusinya hanya HD+ saja.

Oleh karena itu, menikmati konten visual seperti nonton video maupun melihat foto bakal terasa lebih memuaskan pada POVA 4 Pro berkat adanya panel AMOLED. Bentang layar POVA 4 memang lebih besar, namun rasanya tidak akan terlalu berpengaruh pada kenyamanan karena keduanya akan sama-sama terasa luas.

Perbedaan besar selanjutnya terletak pada teknologi pengisian cepat yang dibenamkan pada keduanya. POVA 4 Pro dibekali 45W Super Charge yang diklaim mampu mengisi daya baterai hingga 50% dengan hanya membutuhkan waktu 24 menit saja.

Dengan baterai yang sama-sama berkapasitas 6.000mAh, POVA 4 Pro akan menghadirkan waktu pengisian yang lebih singkat dibandingkan dengan POVA 4 yang hanya membawa 16W Super Charge dengan kemampuan pengisian daya sebanyak 20% dalam waktu 20 menit.

TECNO POVA 4 Spesifikasi

TECNO POVA 4

Waktu yang terpaut cukup jauh tersebut akan sangat menolong ketika kamu tiba-tiba kehabisan baterai, namun tidak punya waktu banyak untuk cas baterai seperti pada pagi hari sebelum berangkat aktivitas. Kemudian untuk perbedaan terakhir terletak pada varian kapasitas dari penyimpanan internal.

Keduanya sama-sama menawarkan penyimpanan internal sebesar 128GB, namun untuk POVA 4 Pro menyediakan pilihan lebih tinggi lagi dengan kapasitas 256GB. Tentunya harga dari POVA 4 Pro versi 128GB juga akan lebih mahal dari POVA 4 Pro versi 256GB sebagai gantinya.

Penyimpanan internal yang lebih besar tentunya akan lebih nyaman untuk memasang banyak aplikasi di handphone maupun menyimpan data berukuran besar seperti video. Akan tetapi, rasanya 128GB akan sudah cukup untuk sebagian besar orang karena terbilang sudah besar. Apalagi tersedia pula slot microSD jika butuh penyimpanan tambahan.

Tinggalkan Komentar