ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tablet

Semakin Ngebut, Tablet Apple iPad Pro Generasi Baru dengan Chip M2 Resmi Dirilis

Apple-iPad-Pro-Chip-M2-1.

Gadgetren – Apple dikabarkan telah menghadirkan tablet iPad Pro generasi terbaru dengan chipset M2. Tablet ini sudah mulai bisa dipesan di pasar global dan pada tanggal 26 Oktober 2022 akan tersedia di toko Apple resmi.

iPad Pro dengan chipset M2 hadir dalam dua model ukuran yakni 11 inci dan 12,9 inci yang keduanya menawarkan warna silver dan space gray. Penyimpanan yang disediakan beragam mencakup 128GB, 256GB, 512GB, 1TB, hingga 2TB.

Soal harganya, iPad Pro dengan chipset M2 ukuran 11 inci mulai dibanderol $799 atau setara Rp12,3 jutaan untuk varian WiFi dan untuk varian WiFi + Selular dilepas $999 atau sekitar Rp15,4 jutaan. Sedangkan untuk ukuran 12,9 inci mulai dihargai $1.099 atau setara Rp17 jutaan untuk varian WiFi dan untuk varian WiFi + Selular dibanderol $1.299 atau Rp20 jutaan.

iPad Pro dengan chipset M2 ini juga menyediakan aksesoris tambahan yang bisa dibeli terpisah seperti Apple Pencil generasi kedua dan Magic Keyboard. Apple Pencil dihargai $129 atau setara Rp1,9 jutaan sedangkan Magic Keyboard dijual seharga $299 atau Rp4,6 jutaan untuk ukuran 11 inci serta $349 atau Rp5,4 jutaan untuk ukuran 12,9 inci.

Chipset M2 pada iPad Pro ini menyediakan 8-core CPU dan 10-core GPU serta 16-core Neural Engine. Dengan chipset M2, tablet iPad Pro baru ini diklaim memiliki performa lebih kencang dari M1 sebesar 15 persen. Kemudian kartu grafisnya lebih cepat dibanding generasi sebelumnya mencapai 35 persen. Chipset tersebut juga dipadukan RAM berkapasitas 8GB atau 16GB.

Apple-iPad-Pro-Chip-M2-Magic-Keyboard.

Chipset M2 ini mampu memberikan performa mumpuni untuk tablet iPad Pro dalam hal pekerjaan multitasking hingga membuka aplikasi berat seperti pengeditan video, foto, desain grafis, game dengan visual mulus, dan bisa merekam video ProRes untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.

Di sektor fotografi, tablet iPad Pro dengan chipset M2 ini menggunakan dua kamera belakang berupa lensa wide 12MP dan lensa sudut lebar 10MP. Tablet ini juga dibekali koneksi yang semakin cepat berupa WiFi 6E yang diklaim bisa mengunduh dengan kecepatan hingga 2,4Gbps.

Apple-iPad-Pro-Chip-M2-2

Dari sisi tampilan, layar iPad Pro dengan chipset M2 ukuran 11 inci mengusung panel Liquid Retina. Sedangkan untuk ukuran 12,9 inci menggunakan panel Liquid Retina XDR. Sistem operasinya menjalankan iPadOS 16 yang turut memberikan fitur baru seperti Stage Manager, mendukung eksternal display, desktop class app, dan reference mode.

Tak lupa tersedia pengenalan wajah atau Face ID untuk masuk dengan cepat ke dalam konten tanpa kata sandi. Selanjutnya menyediakan port Thunderbolt untuk transfer data dengan cepat, Bluetooth 5.3, sudah mendukung jaringan 5G, dan dibekali empat speaker.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar