Berita Smartphone

Tawarkan Fitur Kamera Lebih Baik, MediaTek Rilis Chipset Dimensity 1080 Dengan Dukungan 5G

MediaTek-Dimensity-1080-5G

Gadgetren – MediaTek dikabarkan telah menghadirkan chipset terbaru yang bernama Dimensity 1080. Chipset baru ini sudah mendukung jaringan 5G dan membawa beberapa peningkatan khususnya pada fitur kamera yang lebih baik dari Dimensity 920.

Rencananya, handphone yang ditenagai chipset Dimensity 1080 akan tersedia di pasaran pada akhir tahun 2022 ini . Mengenai spesifikasinya, chipset tersebut memiliki CPU delapan inti atau Octa-Core.

Chipset tersebut juga telah melalui pemrosesan fabrikasi 6nm yang diklaim bisa memberikan masa pakai baterai tahan lama. Di dalamnya juga berisi dua inti Arm Cortex-A78 dengan kecepatan maksimal 2,6 GHz. CPU turut dipadukan dengan GPU Arm Mali-G68.

MediaTek mengatakan bahwa chipset tersebut menyediakan performa lebih cepat untuk aktivitas bermain game, streaming, dan berselancar di media sosial maupun halaman web. Sementara itu untuk fotografi dan videografi, chipset baru ini menyediakan dukungan kamera utama beresolusi 200MP dan Imagiq image signal processor (ISP).

Selain itu chipset ini juga mampu menghasilkan perekaman video berkualitas HDR yang bisa ditingkatkan untuk memproses video dengan resolusi 4K. Dengan begitu memungkinkan hasil pengambilan gambar yang baik untuk streamer di berbagai kondisi cahaya.

Tak lupa chipset tersebut juga dibekali HyperEngine 3.0 yang mengoptimalkan kinerja performa dan konektivitas. Fitur tersebut juga dilengkapi oleh unit pemrosesan AI terintegrasi 3.0 (APU 3.0) untuk daya yang lebih efisien.

Pada handphone yang didukung Dimensity 1080 akan menyediakan jaringan sub-6GHz 5G dan memiliki konektivitas Wi-Fi 6 yang lebih cepat dari generasi sebelumnya sehingga bisa menjalankan game dan mengakses internet dengan koneksi mulus.

CH Chen selaku Deputy General Manager of Wireless Communications Business Unit di MediaTek mengungkapkan bahwa Dimensity 1080 menawarkan rangkaian lengkap fitur canggih yang menantang keinginan terkait apa yang bisa dilakukan oleh smartphone 5G.

“Chipset baru ini dirancang untuk lebih meningkatkan berbagai fungsi yang membuat pendahulunya hebat termasuk meningkatkan kekuatan pemrosesan, kualitas kamera dan video, serta waktu pemasaran bagi produsen,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar