Laptop / PC

Mengenal Pembaruan Windows 11 Versi 22H2 yang Bawa Beberapa Fitur Anyar

Windows 11 22H2 Adalah - Header

Gadgetren – Raksasa teknologi Microsoft baru saja merilis pembaruan anyar untuk sistem operasi mereka, yaitu Windows 11 versi 22H2. Para pengguna di Indonesia pun sudah bisa mulai mengunduhnya.

Pembaruan kali ini cukup spesial karena Microsoft membawa beberapa fitur unggulan yang sangat segar. Meskipun, sebagian di antaranya lebih fokus pada peningkatan antarmuka tampilan, produktivitas, dan pemakaian pada tablet.

Kamu yang masih ragu-ragu untuk melakukan pembaruan ke Windows 11 versi 22H2 dapat menyimak ulasan berikut. Termasuk di dalamnya mengenai berbagai macam fitur unggulan yang ditawarkannya.

Apa Itu Windows 11 22H2?

Windows 11 22H2 adalah pembaruan mayor pertama dari sistem operasi baru Microsoft semenjak peluncuran perdananya pada Bulan Oktober 2021 silam. Sama seperti versi dasar, kita pun dapat mengunduhnya secara gratis ke berbagai perangkat yang mendukung.

Kamu yang belum tahu bisa memperoleh pembaruan ini secara langsung lewat pengaturan. Kamu dapat mengeceknya pada halaman Settings > Windows Update. Ketuk tombol Check for updates untuk memeriksa ketersediaannya lalu Download and install untuk memasang.

Yang cukup menarik, Windows 11 22H2 menjanjikan proses pengunduhan dan pemasangan yang lebih cepat. Microsoft mengklaim bahwa pembaruan ini membawa update size hingga 450MB lebih kecil dari sebelumnya meskipun ukuran akhirnya akan berbeda-beda untuk setiap perangkat.

Selain membawa peningkatan dan perbaikan, pembaruan Windows 11 22H2 ini juga membawa beberapa fitur unggulan baru. Termasuk di antaranya untuk Start Menu dan Taskbar, File Explorer, Snap layouts, aksesibilitas, gesture, hingga antarmuka tampilan.

Fitur, Dukungan, dan Peningkatan Baru Windows 11 versi 22H2

Start Menu dan Taskbar

Lewat Windows 11 versi 22H2, Microsoft salah satu di antaranya membawa kembali fitur drag and drop untuk Taskbar. Jadi kamu bisa menempel aplikasi dengan mudah seperti pada saat memakai komputer dengan Windows 7, 8, atau 10.

Fitur pin dan recommendations pun mendapatkan pengaturan tampilan tata letak baru. Lewat halaman Settings > Personalization > Start, kamu kini bisa memilih seberapa banyak ikon aplikasi dan rekomendasi yang ingin ditampilkan saat membuka Start Menu.

Selain fitur drag and drop di Taskbar, Windows 11 22H2 juga membawa kembali dukungan untuk membuat folder di Start Menu. Kamu pun bisa mengelompokkan ikon aplikasi dan mengaturnya supaya lebih mudah untuk digunakan.

Kemampuan dari mesin penelusuran di Start Menu pun juga ditingkatkan. Kini kita bisa lebih cepat menemukan apa yang kita cari mulai dari berkas hingga aplikasi dengan hasil lebih akurat dari sebelum-sebelumnya.

Tampilan Quick Settings juga mendapatkan sedikit perombakan lewat Windows 11 versi 22H2. Karena itu, para pengguna kini salah satu di antaranya dapat menghubungkan perangkat lewat koneksi Bluetooth secara langsung tanpa perlu membuka halaman pengaturan.

File Explorer

Windows 11 22H2 juga menambahkan fitur Favorites di File Explorer. Berbeda dengan Quick Access yang ada sebelumnya, kita bisa memakainya untuk menyematkan berkas mulai dari dokumen, gambar, audio, hingga video di halaman Home.

Microsoft juga mengembalikan tampilan Folder Preview lewat pembaruan sistem Windows 11 versi 22H2. Dengan begitu, kita kini pun bisa kembali mengintip sekilas isi folder dalam bentuk pratinjau sebelum membukanya.

Bersama dengan pembaruan kali ini, Microsoft juga meningkat integrasi File Explorer dengan layanan penyimpanan awan Microsoft OneDrive. Sekarang kita dapat melihat beberapa informasi tambahan seperti ruang yang tersisa hingga status.

Snap Layouts

Sistem operasi Windows 11 sejak pertama kali memperkenalkan fitur baru bernama Snap layouts. Kita dapat menyematkan beberapa jendela aplikasi dengan tata letak tertentu memakai pintasan tombol Windows + Z di keyboard.

Pada pembaruan ini, Microsoft pun meningkat kemampuannya dengan bar kecil yang akan muncul ketika kita menyeret jendela aplikasi ke bagian atas. Kita kini pun bisa lebih mudah untuk memilih tata letak yang sesuai dengan kebutuhan.

Aksesibilitas

Melalui Windows 11 versi 22H2, Microsoft kembali menambahkan beberapa set dukungan untuk aksesibilitas supaya sistem operasi mereka bisa dipakai oleh semua orang. Termasuk di antaranya meliputi live caption untuk seluruh sistem, Narrator yang lebih natural, maupun Voice Access.

Gesture

Windows 11 22H2 juga menambahkan beberapa set gesture baru untuk mempermudah pengoperasian. Ini secara khusus dirancang untuk mereka yang memasang sistem operasi buatan Microsoft tersebut ke dalam sebuah tablet.

Beberapa gesture baru tersebut di antaranya meliputi:

  • Usap ke atas dan bawah di Taskbar untuk membuka dan menutup Start Menu
  • Usap ke kanan dan kiri untuk beralih dari daftar pin aplikasi ke seluruh program atau sebaliknya
  • Usap ke atas dan bawah di dekat system tray (pojok kanan bawah layar) untuk membuka atau menutup Quick Settings

Antarmuka Tampilan

Tampilan antarmuka pengguna di Windows 11 versi 22H2 juga mendapatkan beberapa perombakan. Salah satu di antaranya bisa kita lihat pada Taks Manager yang kini mengikuti tema dari sistem operasi terbaru Microsoft tersebut.

Ditambah lagi, pembaruan Windows 11 versi 22H2 juga memungkinkan kita memasang gambar dari Windows Spotlight menjadi Desktop Wallpaper. Kita bisa mengaturnya secara langsung lewat halaman Settings > Personalization > Background.

Tinggalkan Komentar