ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Handphone vivo Biar Lebih Lega

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP vivo - Header

Gadgetren – Media penyimpanan handphone-handphone di masa sekarang umumnya memang sudah berukuran cukup besar.

Meski begitu, kita kadang kala masih perlu membersihkan data supaya tidak kepenuhan yang mana bisa terjadi jika tidak dipantau.

Handphone yang kehabisan ruang penyimpanan soalnya bisa mengalami berbagai macam permasalahan. Selain tidak dapat dipakai untuk menyimpan data atau memasang aplikasi, sistem bahkan bisa menjadi eror.

Saat ruang penyimpanan penuh, tak jarang kinerja handphone pun ikut menurun. Saya pribadi sering merasa bahwa perangkat yang kehabisan memori akan berjalan secara lebih lambat dari biasanya terutama saat memuat sebuah aplikasi.

Jenis data yang bisa membuat ruang penyimpanan menjadi penuh sayangnya lumayan sangat banyak. Selain berkas-berkas yang sudah tak terpakai, cache hingga sampah pun dapat menjadi beberapa penyebabnya.

Membersihkan ruang penyimpanan untungnya sangat mudah walaupun kadang kala berbeda-beda untuk setiap perangkat. Kamu yang memakai handphone buatan vivo secara khusus bisa mengikuti langkah berikut jika ingin melakukannya.

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Handphone vivo

Membersihkan Cache, Data Sementara, dan Log File

  • Buka aplikasi i Manager
  • Biarkan aplikasi selesai melakukan pemindaian
  • Jika sudah, masuk ke menu Space cleanup
  • Ketuk tombol Clean up all
  • Klik One-touch cleanup

Menghapus cache, data sementara, dan log file dapat menjadi cara pertama untuk membersihkan ruang penyimpanan di handphone vivo. Kita dalam hal ini bisa memanfaatkan aplikasi i Manager yang menjadi salah satu fitur dari Funtouch OS.

Hanya saja perlu diingat bahwa antarmuka tampilan dari aplikasi i Manager bisa berbeda-beda selaras dengan versi Funtouch OS di dalam handphone. Jadi kita tentu saja perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas supaya berhasil.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

  • Masuk ke halaman Settings
  • Buka menu Apps
  • Cari aplikasi yang ingin dihapus
  • Ketuk tombol Uninstall

Menyimpan aplikasi yang jarang digunakan juga dapat membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Apalagi untuk game-game di masa sekarang pada umumnya mempunyai ukuran data yang lumayan besar. Maka dari itu, menghapusnya bisa menjadi salah satu solusi.

Langkah-langkah di atas berlaku untuk Funtouch OS versi anyar. Jika handphone vivo milik kita masih memakai versi yang lawas, tampilan maupun penamaan menu di halaman Settings bisa berbeda sehingga perlu menyesuaikannya.

Menghapus Data yang Tidak Terpakai

  • Gunakan aplikasi Albums atau Files manager sesuai data yang mau dihapus
  • Cari foto, video, atau dokumen yang dimaksud
  • Tekan beberapa saat berkas tersebut
  • Pilih opsi Delete
  • Konfirmasi dengan tombol yang sesuai jika diperlukan

Selain aplikasi, beberapa jenis berkas yang mana termasuk foto, video, dokumen, hingga database WhatsApp juga dapat membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Kita pun dapat menghapusnya untuk mengosongkannya kembali.

Namun jika masih penting atau ragu-ragu untuk menghapusnya, maka bisa mencoba memindahkannya ke media penyimpanan lain. Kita dalam hal ini dapat memakai kartu Micro SD jika mendukung atau memanfaatkan penyimpanan berbasis awan seperti Google Drive, Microsoft OneDrive, maupun Dropbox.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar