Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T Pro – Bawa Kamera Beresolusi 200MP

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T Pro Header

Gadgetren – Sebagai pendatang baru, Xiaomi 12T Pro kini menjadi handphone flagship andalan Xiaomi di pasar global karena pertama kalinya mengusung kamera utama beresolusi 200MP. 

Handphone baru ini juga menggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen1 buatan Qualcomm yang paling kencang untuk sekarang ini.

Meskipun mengunggulkan fitur-fitur kamera dan ditenagai dengan chipset yang sudah mampu memfasilitasi berbagai aktivitas aplikasi ringan, berat, hingga multitasking, Xiaomi 12T Pro juga memiliki beberapa kekurangan di antara kelebihannya.

Secara tampilan, perangkat ini pun juga sudah mendukung spesifikasi yang baru sehingga mata pengguna akan dimanjakan dengan pergerakan yang mulus dan kecerahan gambar yang jernih. Di samping itu pula, baterai handphone ini cukup besar.

Lebih detailnya mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12T Pro dapat kamu lihat dengan lengkap sebagai berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12T Pro

Kelebihan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Xiaomi 12T Pro sangat mengungguli kamera utama yang diberikan di modul kamera belakang yang paling besar dengan resolusi 200MP. Kamera utama tersebut juga didukung sensor berukuran 1 /1,22″.

Selain itu, kamera utama 200MP ini juga didukung aperture f/1,69, Optical Image Stabilization (OIS) agar bisa merekam gambar tanpa tripod atau gimbal, dan fitur autofocus. Kamera utamanya juga ditemani kamera sudut lebar 8MP dengan aperture f/2,2 dan luas 120°.

Xiaomi 12T Pro

Kemudian kamera depannya mempunyai resolusi yang sudah cukup mengakomodasi kebutuhan selfie pengguna dengan resolusi 20MP dan aperture f/2,24. Pada kamera belakangnya juga dibekali fitur-fitur fotografi dan videografi yang terbilang lengkap.

Di antaranya fitur ProCut, ProFocus, Ultra Night Video, One-click AI Cinema, HDR Video, HDR10+ Video, vlog mode, dan masih banyak lagi. Perekaman videonya sudah bisa menghasilkan resolusi mencapai 8K pada 24fps.

Dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 Octa-Core (4nm) 3.2GHz, Xiaomi 12T Pro memadukannya dengan RAM LPDDR5 8GB atau 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 berkapasitas 128GB atau 256GB. Di sisi tampilannya pun sudah menggunakan layar dengan bentang yang cukup luas.

Layarnya tebar pesona dengan ukuran 6,67 inci yang mempunyai resolusi 2712 x 1220 piksel yang didukung refresh rate 120Hz dengan AdaptiveSync, warna gamut DCI-P3, tingkat kecerahan 900nits, HDR10+, Dolby Vision, Adaptive HDR, Reading mode, Sunlight mode, SGS Low Visual Fatigue Certification, 360° ambient light sensors, dan dilindungi lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 5.

Handphone ini memiliki kapasitas baterai besar 5.000mAh yang dilengkapi pengisian cepat 120W melalui USB Type C. Selain itu ada fitur-fitur pelengkap seperti WiFi, Bluetooth, NFC, Dual SIM, 5G, Dual speakers, Dolby Atmos, SOUND BY Harman Kardon, sensor fingerprint di dalam layar, pengenalan wajah, X-axis liner vibration motor, dan tampilan antarmuka MIUI 13 berbasiskan Android 12.

Kekurangan

Dengan banyaknya kelebihan yang dimilikinya, sayangnya Xiaomi 12T Pro hanya menyediakan kapasitas RAM dan penyimpanan bawaan perangkatnya saja. Jika kita ingin memiliki kapasitas tambahan, tidak tersedia slot microSD untuk digunakan.

Selain mengandalkan RAM dan penyimpanan yang ada, handphone ini juga tidak didukung fitur ekspansi RAM untuk semakin mengoptimalkan kinerja perangkat dengan aplikasi berat. Kekurangan lainnya juga handphone ini tidak memiliki port 3,5 jack audio sehingga kita harus memakai perangkat audio TWS.

Bila tidak ingin menggunakan earphone TWS, maka kita harus menambahkan sambungan khusus ke USB Type C. Dangat disayangkan perangkat ini juga masih dibekali resolusi kamera makro 2MP yang terbilang masih kecil dan kurang bisa memuaskan menangkap gambar detail.

Tak ketinggalan juga belum mengantongi sertifikasi IP Rating sehingga perlu cukup berhati-hati menggunakan perangkat ini ketika di luar ruangan atau di dekat pantai maupun lingkungan yang berdebu atau kotor.

Tinggalkan Komentar