ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

5 Cara Mengatasi Layar HP OPPO Mati Ketika Telepon

Cara Mengatasi Layar HP OPPO Mati Ketika Telepon Header

Gadgetren – Hadirnya Proximity Sensor di ponsel OPPO memungkinkan layar diistirahatkan secara otomatis ketika kamu melakukan panggilan telepon.

Proximity Sensor menggunakan medan dan radiasi elektromagnetik yang dapat mendeteksi sesuatu benda dalam jarak dekat. Dengan begitu, sistem pada ponsel dapat mendeteksi ponsel ketika sedang didekatkan dengan sesuatu yang mana dalam hal ini telinga atau kulit.

Layar ponsel pun dimatikan ketika telepon untuk mencegah sentuhan atau input yang tidak diinginkan, seperti membuat panggilan tertutup. Meskipun begitu, kamu mungkin tetap membutuhkan layar ponsel OPPO menyala karena suatu hal atau lainnya yang mana perlu sedikit melakukan trik.

1. Ponsel Jangan Terlalu Dekat

Sensor Proximity akan langsung mendeteksi kehadiran telinga saat didekatkan sehingga membuat layar mati otomatis ketika kamu sedang telepon. Kamu pun dapat coba membuat jarak telinga dengan ponsel agak jauh untuk menghindari sensor proximity aktif.

2. Gunakan Earphone

Pada saat menghubungkan earphone dengan koneksi kabel maupun Bluetooth, biasanya ponsel akan memasuki mode aktif sehingga membuat layar terus menyala walaupun sedang melakukan panggilan.

3. Tekan Tombol Volume

Jika layar tiba-tiba mati ketika kamu melakukan panggilan telepon, kamu bisa dapat menekan tombol samping seperti Volume atau Power untuk membuat layar kembali menyala. Namun tentunya kamu harus memastikan ponsel tidak dekat telinga karena sensor proximity akan tetap membuat layar mati.

4. Matikan Fitur Gesture

  • Akses aplikasi Settings di ponsel OPPO.
  • Ketik Gesture pada kolom Search.
  • Pilih opsi Gestures & motions.
  • Aktifkan fitur Raise to wake pada bagian Motions.
  • Matikan beberapa fitur lain seperti Auto switch to receiver, Flip to mute incoming calls, dan Lift to ear to answer call

ColorOS pada ponsel OPPO telah dilengkapi dengan beberapa fitur gesture yang dapat memudahkan kamu dalam menggunakan ponsel. Namun ada kalanya justru gesture tidak bertindak sesuai keinginan kamu sehingga bisa coba mematikannya terlebih dahulu.

5. Reset All Settings

  • Akses aplikasi Settings di ponsel OPPO
  • Ketik Reset pada kolom Search di bagian atas
  • Klik Reset All Settings dari hasil yang muncul
  • Kemudian tekan menu Reset All Settings
  • Input Password, PIN, Pattern, atau sidik jari
  • Tekan tombol Reset all settings hingga selesai

Ada kalanya ColorOS mengalami error atau gangguan yang tidak diketahui penyebabnya yang mana membuatnya tidak dapat berfungsi secara optimal. Untuk mengembalikannya seperti semua, kamu dapat mencoba opsi Reset All Settings yang telah disediakan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Gk ngaruh memang hp oppo mah kaya sampah rumit.. Ada telepon mati mau telpon mati dengar audio whats app mati.. Memang hp oppo itu produk tolol