Tips dan Trik Operator Seluler

Mudah! Ini Cara Migrasi eSIM Smartfren dari Kartu Fisik Secara Online

Cara Migrasi eSIM Smartfren Header

Gadgetren – Semakin banyak handphone yang mendukung fitur eSIM di Indonesia membuat Smartfren sebagai operator pertama di Tanah Air gencar mempromosikannya.

Bahkan Smartfren pun turut menghadirkan program Migrasi eSIM bagi pengguna setianya untuk beralih dari kartu SIM fisik.

Dengan begitu, tentunya akan lebih mempermudah lagi pengguna lama untuk bisa merasakan eSIM. Kamu yang sudah menggunakan eSIM di handphone lama dan ingin memasukkan nomor yang sama di handphone baru bisa juga mengikuti program migrasi eSIM melalui situs resmi Smartfren.

Nantinya kamu diminta untuk mengisi form pendaftaran dan mendapatkan OTP sebagai verifikasi kepemilikan nomor saat ini baik dari kartu SIM fisik atau sudah mempunyai eSIM yang ingin berpindah dari handphone lama ke handphone baru.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara melakukan migrasi eSIM Smartfren, maka dapat langsung melihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Migrasi eSIM Smartfren

  • Akses situs migrasi eSIM Smartfren melalui browser
  • Pada halaman utama situs, pilih tab Input Data & Nomor (MDN) yang akan dimigrasi
  • Isi data berupa nama lengkap, alamat email, input nomor Smartfren yang akan dimigrasi, dan pilih permintaan migrasi (Migrasi ke eSIM atau Ganti HP)
  • Selanjutnya, tekan tombol Kirim Kode Verifikasi
  • Tunggu SMS kode verifikasi sampai di nomor yang akan dimigrasi
  • Masukkan¬† kode verifikasi ke kolom yang tersedia
    Smartfren - Migrasi eSIM
  • Setujui persyaratan dan ketentuan berlangganan Smartfren eSIM pada tab Syarat dan Ketentuan
  • Selanjutnya, lakukan proses pembayaran migrasi eSIM
  • Kemudian, QR Code akan dikirimkan ke alamat email yang digunakan
  • Pindai QR Code pada handphone yang memiliki eSIM
  • Apabila berhasil, maka nomor eSIM Smartfren sudah dapat langsung digunakan

Sebagai catatan, biaya untuk satu kali proses migrasi sebesar Rp15.000. Untuk memberikan kemudahan bagi pengguna layanannya dalam melakukan transaksi pada migrasi online eSIM, maka biaya untuk proses migrasi akan memotong saldo Prabayar atau ditambahkan ke dalam tagihan Pascabayar.

Migrasi ke eSIM dapat dipilih apabila kamu ingin pindah dari kartu SIM fisik ke eSIM Smartfren. Sementara opsi Ganti HP dapat dipilih jika kamu ingin memindahkan nomor eSIM dari handphone lama ke handphone baru.

Dengan begitu, pastikan saldo pulsa atau kredit limit mencukupi agar bisa melakukan proses migrasi eSIM dengan lancar. Selain itu, pengiriman produk akan dilakukan setelah pemesan divalidasi dan Smartfren menerima konfirmasi pembayaran atas transaksi yang dilakukan.

Meskipun eSIM tidak sefleksibel kartu SIM fisik yang dapat dipindahkan ke handphone lain dengan mudah, namun Smartfren pun memberikan solusi dengan program Migrasi eSIM untuk membuat proses lebih praktis.

Namun memang kamu harus selalu membayar biaya migrasi eSIM yang mana mungkin sedikit menjadi kekurangannya ketimbang kartu SIM fisik. Kamu yang tertarik membeli kartu perdana eSIM Smartfren pun dapat mengunjungi Galeri Smartfren terdekat.

Tinggalkan Komentar