Operator Seluler

Apakah eSIM Telkomsel Sudah Dapat Dibeli di Indonesia? Ini Jawabannya

eSIM Telkomsel - Header

Gadgetren – Beberapa handphone yang hadir di Indonesia seperti iPhone, Samsung Galaxy Z Fold4 5G, Galaxy Z Flip4 5G, dan lainnya telah mendukung teknologi eSIM.

Bagi kamu yang belum tahu, eSIM (embedded SIM) merupakan teknologi dimana komponen dari kartu SIM sudah ditanamkan di dalam handphone.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli kartu SIM ke operator karena hanya tinggal membeli nomor ketika berada di tempat layanan sebuah operator. Smartfren pun menjadi satu operator yang telah mendukung eSIM dari beberapa tahun lalu.

Bahkan provider ini sendiri sudah sering melakukan bundling eSIM dengan beberapa seri iPhone untuk memudahkan penggunanya. Namun bagaimana dengan pengguna Telkomsel yang turut ingin menggunakan eSIM?

Apakah eSIM Telkomsel Sudah Tersedia?

Sayangnya menurut akun Twitter resmi Telkomsel, layanan eSIM dari Telkomsel hingga saat tulisan ini diterbitkan belum tersedia di Indonesia.

Oleh karena itu untuk bisa menikmati layanan dari Telkomsel, kamu tetap perlu membeli kartu SIM berbentuk fisik lewat penjual pulsa terdekat, GraPari, e-commerce, dan lainnya.

Kemungkinan besar Telkomsel masih melihat reaksi dan animo masyarakat terhadap eSIM di Indonesia. Kita ketahui bersama bahwa perangkat yang mendukung eSIM memang tidak terlalu banyak di Tanah Air yang mana baru hadir di handphone kelas atas atau flagship.

Telkomsel eSIM

eSIM sendiri dapat ditulis ulang sehingga apabila kamu ingin mengganti nomor operator selular lain tinggal memindai QR Code yang tersedia pada paket kemasan pada nomor yang telah dibeli.

Apabila ke depannya sudah banyak handphone yang mendukung eSIM, tentunya akan lebih mempermudah produsen untuk membuat perangkat yang tahan terhadap air karena tidak perlu lagi menyediakan slot kartu SIM.

Namun untuk saat ini, sepertinya Telkomsel dan beberapa operator lain akan secara bertahap untuk mengembangkan layanan eSIM agar bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia yang sudah memiliki handphone dengan fitur ini.

Untuk itulah sebaiknya kamu terus memantau media sosialĀ  maupun situs Telkomsel agar bisa mengetahui informasi terdepan mengenai layanan eSIM dari operator tersebut.

Tinggalkan Komentar