Berita Laptop / PC

Hands-On ASUS ZenBook 14 OLED UM3402 – Bawa Layar OLED Sentuh dan Performa Bertenaga

ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 - Feature

Gadgetren – ASUS telah resmi merilis Zenbook 14 OLED di Indonesia dengan harga mulai dari Rp17.299.000 untuk versi UX3402 (prosesor Intel Core Gen-12) dan Rp15.299.000 untuk varian UM3402 (prosesor AMD Ryzen 5000 Series).

Di antara kedua versi tersebut, saya sendiri berkesempatan untuk melakukan hands-on secara lebih dekat dengan ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5625U berkecepatan maksimal 4,3 GHz dengan performa bertenaga.

Untuk menangani grafis sistem operasi maupun aplikasi dengan baik, GPU AMD Radeon Graphics pun telah tersemat di dalam laptop Zenbook ini. Adapun RAM yang dibawanya memiliki kapasitas 8 GB agar dapat menangani aktivitas multitasking dengan lancar pada ASUS Zenbook 14 OLED UM3402.

ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 - Screen

Sementara penyimpanan internalnya pun sudah mengandalkan M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD berkecepatan tinggi dan berkapasitas 512 GB agar bisa menampung banyak aplikasi, game, foto, dokumen, video, dan lagu sekaligus.

Bisa dibilang ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 ini memiliki desain bodi yang ramping dengan ketebalan 16,9 mm dan bobot 1,39 kg yang membuatnya tidak terasa terlalu berat ketika dipegang maupun dibawa kemanapun.

Bodi dari laptop ini terasa kokoh karena menggunakan bahan logam. Meskipun warna Jade Black membuat perangkat ini terlihat elegan, namun noda sidik jari mudah menempel ketika bagian cover atau cangkangnya disentuh.

ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 ini dapat dibuka dengan mudah menggunakan satu jari saja. Perangkat ini menggunakan engsel Ergolift yang memungkinkan bagian bodi bagian bawah terangkat ketika layar dibuka secara miring sehingga memudahkan ketika saya untuk mengetik maupun melakukan navigasi menggunakan touchpad.

ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 - 180 Derajat

Menariknya lagi, justru engsel Ergolift ini dapat dibuka hingga 180 derajat yang membuat layar menjadi lurus dengan bagian bodi bawah laptop yang berisikan keyboard serta touchpad.

Tentunya pada saat ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 dalam keadaan lurus atau 180 derajat, maka saya dapat langsung berbagi konten, presentasi, dokumen, gambar, maupun video dengan orang lain secara mudah.

Apalagi ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 ini menggunakan layar sentuh yang tentunya lebih memudahkan lagi saya dalam melakukan navigasi antar menu, memilih aplikasi, maupun menjalankan fungsi tertentu dengan sentuhan jari di layar.

ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 - Touchscreen

Perangkat ini sudah menggunakan layar 14 inci dengan teknologi OLED, resolusi 2880 x 1800 piksel, 100% DCI-P3 color gamut, VESA Certified Display HDR True Black, dan Pantone Validated yang mampu menampilkan konten dengan terang, tajam, dan jernih sehingga memanjakan mata saya.

Dengan hadirnya refresh rate 90Hz dan waktu respon 0,2 ms, membuat layar ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 mampu menampilkan gerakan transisi pada saat navigasi, memilih aplikasi, maupun menjalankan video dengan halus di Windows 11.

Pada saat saya menjalankan video streaming langsung dari YouTube dengan resolusi Full HD, terlihat bahwa memang layar laptop ini benar-benar dapat menampilkan video dengan jernih dan gerakan yang halus.

Bagi saya yang merupakan pengguna laptop ASUS, tentunya keyboard chiclet yang hadir pada ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 ini nyaman digunakan untuk mengetik dokumen, media sosial, browsing website, dan lainnya.

Terdapat juga Backlit pada keyboard laptop ini yang membantu saya dalam mengetik ketika kondisi lingkungan redup maupun minim cahaya. Meskipun berada di deretan tombol keyboard, namun tombol power laptop ini dibuat memiliki bentuk berbeda dan agak keras agar dapat mencegah tidak sengaja terpencet dan mematikan perangkat secara tiba-tiba.

ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 - Numpad Touch

Tepat pada tombol power ini pun terdapat sensor fingerprint yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga memudahkan kamu untuk membuka kunci layar maupun masuk akun di berbagai situs.

Touchpad yang dihadirkan pada ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 ini memiliki area yang luas sehingga memudahkan saya mengarahkan cursor di layar dan menggunakan gesture untuk pintasan fungsi tertentu, seperti slide dengan dua jari untuk scroll dokumen maupun website dari halaman atas ke bawah atau sebalknya.

Saya juga dapat mengaktifkan fitur ASUS NumberPad 2.0 yang nantinya akan menampilkan deretan angka dan operator bilangan di atas Touchpad yang berfungsi untuk mempercepat pengetikan angka pada aplikasi perhitungan, seperti Calculator, Microsoft Excel, Google Sheet, dan lainnya.

ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 - Side

Pada bagian samping ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 terdapat port HDMI, port jack Audio 3,5mm, slot microSD Card Reader, port USB 3.2 Type-A, dan 2 port USB 3.2 Gen2 Type-C. Tak ketinggalan, dukungan WiFi-6E, Bluetooth 5.0, dan baterai 75Whr pun turut dihadirkan pada produk ini.

Berdasarkan pengalaman hands-on ini, saya merasa bahwa ASUS Zenbook 14 OLED UM3402 ini memiliki performa yang bertenaga, keyboard yang nyaman untuk mengetik, dan layar OLED yang mampu menampilkan konten dengan jernih sehingga membuat mata nyaman.

Tinggalkan Komentar