Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Sinar Inframerah Terhalangi di Handphone vivo, Jangan Panik!

Cara Mengatasi Sinar Inframerah Terhalangi di Handphone vivo Header

Gadgetren – Untuk memikat banyak orang dalam membeli beberapa handphone buatannya, vivo pun telah menghadirkan beragam fitur menarik yang mana salah satunya sensor Inframerah.

Fitur Inframerah memungkinan handphone bertindak seperti remote control bagi beberapa perangkat elektronik rumah tangga seperti Televisi, AC (Air Conditioner), Kipas Angin, Mini Compo, DVD Player, dan masih banyak lagi.

Tentunya sensor Inframerah menjadi sangat berguna ketika remote control dari salah satu perangkat elektronik kamu tiba-tiba hilang. Namun terkadang muncul masalah dengan notifikasi yang mengatakan sinar Inframerah terhalangi sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

Bagi kamu yang mengalami masalah ini dapat coba mengatasinya dengan beberapa solusi berikut.

1. Bersihkan Debu Atau Kotoran di Depan Sensor

Ada kalanya pada saat kamu sering menggunakan handphone vivo dalam jangka waktu yang lama, secara tidak sengaja debu akan tertempel pada area sensor Inframerah yang berada di bagian atas handphone vivo.

Bisa juga secara tidak sengaja jari menyentuh bagian Inframerah tersebut sehingga meninggalkan noda kotoran. Debu atau kotoran yang menempel ini biasanya akan menghalangi cahaya Inframerah sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Dengan begitu, kamu dapat membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Kamu dapat menggunakan tisu halus atau kain serat agar tidak merusak bagian permukaan ketika membersihkannya.

2. Hapus Data dan Cache di vivo Service

Terkadang sistem pada bagian vivo Service mengalami bug atau error di handphone vivo. Untuk itulah sebaiknya kamu coba menghapus data di vivo Service untuk mengembalikannya seperti semula.

  • Buka aplikasi Settings (Pengaturan) di handphone vivo
  • Selanjutnya, pilih menu More Settings (Pengaturan Lainnya)
  • Tekan opsi App Manager (Pengelola Aplikasi)
  • Pilih opsi More (Lainnya) yang berada di bagian atas
  • Kemudian, tekan menu Show System Process (Tampilkan Proses Sistem)
  • Pilih opsi vivo Service (Layanan vivo)
  • Pilih menu Storage (Penyimpanan)
  • Tekan tombol Clear Data (Hapus Data)

Apabila kamu menekan tombol Clear Data, maka secara otomatis data dan cache pada vivo Service akan dihapus. Nanitnya sistem akan mengembalikan vivo Service seperti semula layaknya pada saat handphone vivo dihidupkan pertama kali.

3. Update Sistem Operasi

Terkadang pada saat kamu tidak melakukan update sistem operasi yang cukup lama pada handphone vivo, maka beberapa aplikasi sistem dan fitur ada yang mengalami masalah karena tidak lagi mendukung versi lama.

Untuk itulah kamu dapat melakukan update sistem operasi untuk mengurangi masalah tersebut terjadi. Update biasanya dapat dilakukan secara OTA (Over-The-Air) dimana kamu cukup langsung mengunduh update melalui jaringan internet.

Biasanya pada saat file update sistem operasi sudah tersedia, maka akan muncul notifikasi pada bagian atas handphone. Selanjutnya, kamu hanya perlu menekan tombol Update dan jalankan proses hingga selesai. Namun kamu juga bisa mengeceknya secara manual pada menu Update.

Tinggalkan Komentar