Tips dan Trik Handphone

Cara Merekam Layar iPhone Buat Bikin Video Gameplay Atau Tutorial

Cara Merekam Layar iPhone - Header

Gadgetren – Sama seperti handphone-handphone berbasis Android, perangkat iPhone juga dilengkapi dengan fitur merekam layar atau screen recording lewat sistem operasi iOS yang dibawanya.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kita dapat mengabadikan berbagai macam konten yang sedang ditampilkan di layar ke dalam sebuah video alih-alih hanya sebuah gambar seperti saat menggunakan screenshot.

Kita pun bisa memakainya untuk membuat konten-konten berbentuk video. Misalnya untuk membagikan gameplay permainan atau tutorial pengaturan tertentu dari iPhone yang digunakan ke platform YouTube, TikTok, Instagram Reels, dan lain sebagainya.

Fitur screen recording di sisi lain cukup mudah untuk digunakan. Kita bahkan bisa secara lebih praktis dalam memanfaatkannya karena Apple juga menyediakan pintasan khusus di Control Center (Pusat Kontrol) untuk dukungan ini.

Meskipun begitu, pintasan ini tidak akan tersedia secara mendasar di Control Center. Jadi kita perlu menambahkannya terlebih dulu secara manual dengan menggunakan langkah-langkah cara merekam layar iPhone sebagaimana rincian berikut.

Cara Merekam Layar iPhone

Mengatur Pintasan

  1. Buka halaman Settings di iPhone
  2. Masuk ke bagian Control Center
  3. Cari menu Screen Recording
  4. Ketuk tombol Add (ikon +) di sebelahnya

Setelah berhasil menambahkan fitur Screen Recording ke Control Center, kita pun dapat memakainya sesuai dengan kebutuhan. Begini cara merekam layar iPhone dengan menggunakan dukungan bawaan ini buat kamu yang belum bisa.

Menggunakan Screen Record

  1. Jalankan aplikasi yang mau direkam
  2. Buka Control Center sesuai dengan model iPhone yang digunakan
  3. Ketuk tombol Record (ikon lingkaran dengan titik di tengahnya)
  4. Perekaman layar akan dimulai setelah 3 detik
  5. Rekam layar sesuai kebutuhan
  6. Buka Control Center lalu ketuk tombol Record berwarna merah untuk menghentikan proses rekaman

Secara mendasar, fitur screen recording bawaan iPhone hanya akan merekam audio dari konten yang sedang ditampilkan. Kita makanya perlu melakukan sedikit pengaturan jika mau menambahkan narasi dengan suara kita sendiri.

Merekam Layar dengan Suara

  1. Buka aplikasi yang ingin diabadikan
  2. Akses Control Center dari iPhone yang dipakai
  3. Tekan dan tahan tombol Record
  4. Ketuk tombol Microphone
  5. Klik tombol Start Recording
  6. Setelah 3 detik, rekaman layar akan dimulai
  7. Matikan fitur mereka layar seperti cara yang sebelumnya

Hasil rekaman layar dengan menggunakan kedua cara di atas nantinya akan langsung tersimpan ke dalam memori penyimpanan internal iPhone. Kita dapat mengaksesnya melalui aplikasi Photos seperti saat membuka video atau foto biasa.

Meskipun bisa dipakai untuk merekam berbagai macam konten, fitur bawaan ini sayangnya mempunyai keterbatasan. Kita misal tidak dapat memakainya untuk menyimpan video-video dari layanan Netflix, Disney+, atau Amazon Prime Video.

Selain itu, fitur screen recording ini juga tidak dapat digunakan secara bersamaan dengan screen mirroring. Jadi kita perlu mematikan dukungan tersebut terlebih dahulu sebelum merekam konten layar yang kita inginkan.

Tinggalkan Komentar