Tips dan Trik Aplikasi

Cara Melihat Email yang Diarsipkan di Gmail Jika Ada yang Masih Penting

Cara Melihat Arsip di Gmail - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun layanan Gmail menyediakan fitur arsip yang mudah digunakan, kita sayangnya mungkin akan sedikit kesulitan saat perlu mencari email-email yang sebelumnya sudah diarsipkan.

Layanan email dari Google tersebut soalnya tidak menyediakan bagian atau menu khusus yang bisa dipakai untuk mengakses arsip pesan. Padahal jika melihat platform serupa, kita bisa menemukannya lebih mudah dengan dukungan ini.

Fitur arsip sendiri dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk membersihkan kotak masuk Gmail. Kita secara khusus bisa memakainya untuk menyembunyikan email-email yang sudah tidak diperlukan tanpa perlu menghapusnya.

Hanya saja dengan absennya menu khusus untuk mengakses email yang sudah diarsipkan, kita mungkin akan sedikit kebingungan saat ingin membuka ulang pesan. Meskipun di sisi lain sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Karena sebenarnya tidak dihapus, kita pun tak perlu khawatir karena email yang sudah diarsipkan masih bisa dilihat kembali. Kamu yang belum tahu caranya dapat menyimak langkah-langkah untuk melakukan hal itu secara lebih rinci dalam langkah berikut.

Cara Melihat Arsip Email di Layanan Gmail

Memakai Fitur Penelusuran

  1. Buka aplikasi Gmail
  2. Login dengan akun yang diinginkan
  3. Ketuk kolom Search in mail
  4. Masukan kata kunci dari arsip email yang dicari
  5. Tekan Enter atau ikon kaca pembesar
  6. Cari email yang dimaksud
    Cara Melihat Arsip di Gmail - 1

Hasil penelusuran yang dilakukan di layanan Gmail akan menampilkan seluruh pesan yang memuat kata kunci pencarian terkait. Termasuk di dalamnya berlaku juga untuk berbagai macam email yang sudah diarsipkan.

Selain melalui fitur penelusuran, kita juga dapat melihat kembali arsip email di layanan Gmail dari halaman Semua Pesan. Begini langkah-langkah untuk membukanya jika kamu belum mengetahui caranya.

Lewat Menu Semua Pesan

  1. Masuk ke Gmail dengan akun yang sesuai
  2. Ketuk Menu (ikon burger) di dekat kolom penelusuran
  3. Gulir ke bawah
  4. Cari dan ketuk menu All mail
    Cara Melihat Arsip di Gmail - 2

Membedakan pesan yang belum dan sudah diarsipkan pada kedua cara di atas sayangnya membutuhkan perhatian ekstra. Kita dalam hal ini soalnya hanya dapat menandainya dari label inbox di mana arsip email secara umum tidak akan memakainya.

Email-email yang sudah diarsipkan untungnya bisa dikembalikan ke kotak masuk Gmail lagi jika memang masih sangat diperlukan. Kita hanya perlu membuka pesan, mengetuk More (ikon titik tiga) di pojok kanan atas, lalu memilih Move to inbox.

Tinggalkan Komentar