Tips dan Trik Handphone

Ini Alasan dan Solusi Kenapa WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet di Handphone?

Kenapa WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet di HP - Header

Gadgetren – Meskipun sudah terhubung ke jaringan WiFi, sebuah handphone belum tentu akan langsung terkoneksi dengan internet karena sejumlah permasalahan kadang kala dapat muncul secara tiba-tiba.

Alih-alih menikmati koneksi internet yang ditawarkan, kita umumnya justru akan disibukkan dengan mencari tahu penyebabnya jika hal tersebut terjadi. Padahal proses diagnosa tak jarang membutuhkan waktu yang relatif cukup lama.

Supaya lebih mudah dalam memecahkan masalah tersebut, kita makanya perlu mempelajari beberapa penyebab utama kenapa handphone yang terhubung ke jaringan WiFi bisa tetap tidak mendapatkan koneksi internet.

Kenapa WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet di Handphone?

Sedang Gangguan

Jaringan WiFi secara umum memang menawarkan dukungan koneksi yang lebih baik ketimbang layanan seluler. Belum lagi jika dibangun dengan sambungan kabel fiber optik yang menawarkan transfer data secepat cahaya.

Meskipun begitu, bukan berarti benar-benar menawarkan jaringan yang sempurna. Kadang kala masih bisa muncul sejumlah gangguan yang dapat menyebabkan masalah koneksi internet bagi kita sebagai pengguna.

Mulai dari pemeliharaan server, kerusakan jaringan kabel, hingga cuaca tidak bersahabat termasuk sebagian kendala yang bisa menjadi penyebabnya. Hal ini padahal tidak bisa diselesaikan secara mandiri melainkan perlu menunggu dari pihak penyedianya.

Beberapa router atau modem seperti milik IndiHome untungnya dilengkapi dengan indikator koneksi internet. Kita pun bisa memastikan hal ini dengan melihatnya. Selain itu kita pun bisa mengecek langsung ke pihak penyedia.

Router, Modem, atau MiFi Bermasalah

Perangkat seperti router, modem, hingga MiFi memegang peranan penting dalam pembuatan jaringan WiFi. Jika bermasalah maka koneksi pun bisa terganggu sehingga handphone atau komputer tidak bisa dipakai untuk mengakses internet.

Penyebab masalah ini bisa sangat bermacam-macam. Hanya saja umumnya sering kali terjadi karena hal sepele seperti pemakaian perangkat dengan durasi yang sangat lama. Seperti apa yang kita tahu, Router, Modem, atau MiFi bisa bekerja tanpa henti selama 24 jam penuh.

Memuat ulang modem, router, atau MiFi dapat menjadi solusi yang pas jika masalah ini terjadi. Kita bisa memanfaatkan tombol daya fisik yang terdapat di perangkat atau memakai menu di dalam pengaturannya.

Pembatasan Perangkat

Sejumlah instansi seperti kantor, sekolah, kampus, hingga rumah sakit sangat umum menerapkan pembatasan perangkat dalam jaringan WiFi miliknya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas internet untuk seluruh penggunanya.

Pembatasan ini tentu bisa berdampak pada perangkat-perangkat yang tidak terdaftar atau diblokir. Makanya meski bisa tersambung ke jaringan WiFi di instansi tersebut, koneksi internet tidak akan tersedia begitu saja.

Handphone Bermasalah

Masalah koneksi internet pada WiFi juga bisa disebabkan oleh beberapa hal dari handphone itu sendiri. Termasuk kesalahan pengaturan jaringan seperti proxy, DNS, MAC Address, hingga sambungan VPN (Virtual Private Network).

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa mereset jaringan di handphone. Cara melakukannya tentu berbeda-beda untuk setiap perangkat tetapi umumnya bisa dilakukan lewat Settings. Gunakan fitur pencarian supaya lebih mudah menemukannya.

Selain kesalahan pengaturan jaringan, penumpukan beban karena pemakaian terlalu lama juga bisa membuat handphone tidak bekerja secara maksimal. Jadi kita pun bisa mencoba memuat ulang perangkat dengan mematikan dan menyalakannya kembali untuk mencoba mengatasinya.

Jika masih belum berhasil, kita pun bisa mencoba mengatur ulang handphone ke kondisi pabrik (factory reset) untuk mencoba menyelesaikannya. Hanya saja perlu diperhatikan langkah-langkahnya dapat menghapus seluruh data jadi jangan lupa untuk membuat cadangan.

Tinggalkan Komentar