Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengubah Video Menjadi Audio Format MP3 Biar Lebih Praktis Dinikmati

Cara Mengubah Video Menjadi Audio MP3 - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren –  Di masa sekarang, kita bisa semakin mudah mengubah berbagai macam konten video menjadi audio berformat MP3 karena tersedia banyak layanan konversi berkas yang mendukung hal tersebut.

Saking banyaknya, kita bisa memilih sendiri layanan yang mau digunakan sesuai dengan preferensi maupun kebutuhan. Masing-masing apalagi menawarkan dukungan dan fitur yang kadang-kadang cukup berlainan.

Yang cukup menarik, layanan-layanan untuk melakukan konversi berkas umumnya juga tersedia dalam dua jenis. Kita dalam hal ini secara khusus bisa memilih untuk mengaksesnya dengan menggunakan atau tanpa aplikasi.

Keduanya sama-sama mudah untuk digunakan. Hanya saja kemungkinan bakal berbeda untuk setiap layanan yang dipilih karena masing-masing mempunyai tampilan dan penamaan menunya sendiri.

Adapun secara khusus buat kamu yang masih bingung untuk mengubah konten video menjadi berkas audio berformat MP3, berikut rincian lebih lanjut mengenai langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut.

Cara Mengubah Video Menjadi Audio Berformat MP3

Tanpa Aplikasi

  • Buka halaman https://convertio.co/mp4-mp3/ dengan peramban
  • Klik tombol Choose File
  • Cari dan pilih berkas video yang diinginkan
  • Ketuk tombol Convert
  • Tunggu proses konversi
  • Klik tombol Download pada berkas hasil konversi
    Cara Mengubah Video Menjadi Audio MP3 - 1

Convertio merupakan salah satu layanan yang mudah untuk digunakan. Terdapat berbagai macam fitur menarik yang diusung platform berbasis web ini termasuk dukungan untuk mengonversi berkas secara bersama-sama.

Untuk mengubah konten video menjadi audio berformat MP3 secara bersamaan, kita misalnya hanya perlu menambahkan beberapa berkas dengan mengetuk tombol Add more files sebelum mengetuk tombol Convert.

Selain itu, layanan ini juga mendukung beberapa sumber berkas. Kita tak hanya dapat memakainya untuk mengubah video di perangkat saja melainkan juga yang tersimpan di platform penyimpanan awan seperti Google Drive maupun Dropbox.

Dengan Aplikasi

  1. Pasang aplikasi Video to MP3 buatan InShot
  2. Jalankan aplikasi setelah terpasang
  3. Di halaman utama, pilih menu Video to Audio
  4. Cari dan pilih berkas audio yang dimaksud
  5. Ubah Format menjadi MP3
  6. Atur Bitrate jika diperlukan
  7. Klik tombol Convert
    Cara Mengubah Video Menjadi Audio MP3 - 2

Selayaknya aplikasi-aplikasi buatan InShot lainnya, Video to MP3 mempunyai fitur yang sangat lengkap. Oleh karena itu dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan saat kita memerlukan layanan khusus untuk mengonversi berkas multimedia.

Aplikasi ini di antaranya mempunyai fitur seperti pemotong video, pemotong audio, pengubah format berkas, hingga mengatur ringtone selain dukungan untuk mengubah video menjadi berkas audio berformat MP3.

Layanan konversi video ke audio tentu tidak hanya terbatas pada dua platform di atas. Masih banyak yang mendukung hal itu di mana sebagian di antaranya bahkan mendukung pengubahan untuk konten-konten daring seperti dari YouTube.

Tinggalkan Komentar