Berita Tekno

Saingi TMSC, Samsung Mulai Mengirimkan Chip 3nm Generasi Pertama

Samsung-GalaxyA51-HalfLogo

Gadgetren – Samsung dikabarkan telah berhasil memproduksi chip dengan teknologi fabrikasi 3nm. Dilansir dari Korean Herald, chip 3nm ini pada tanggal 25 Juli 2022 kemarin telah dilakukan pengiriman generasi pertama langsung dari pabrik pembuatannya yang berlokasi di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Pengirimannya itu disaksikan oleh sekitar 300 orang yang di dalamnya mencakup pejabat Samsung dan pemerintah setempat. Hadirnya chip 3nm buatan Samsung ini menawarkan dua hal sekaligus yaitu peningkatan performa dan penggunaan baterai lebih hemat.

Untuk menghadirkan chipset 3nm, Samsung sendiri menggunakan teknologi yang disebut gate-all-around field-effect transistor technology (GAAFET). Teknologi ini secara sederhana mampu menciptakan transistor dengan kepadatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan teknologi chip 5nm.

Teknologi GAAFET awalnya dikembangkan oleh peneliti Samsung sejak tahun 2000. Kemudian Samsung mulai mengadopsi teknologi tersebut ke dalam chip 3nm ini pada tahun 2017 dan pada bulan Juni 2022 Samsung memproduksi chip tersebut secara masal hingga bisa dikirimkan.

Dari hasil pencapaiannya itu, chip 3nm generasi pertama diklaim mampu mengurangi konsumsi daya sebesar 45 persen dan meningkatkan kinerja performa sebesar 23 persen dibandingkan dengan chip 5nm yang mengadopsi teknologi fin field-effect transistor technology (FinFET).

Ke depannya, Samsung pun berencana membuat chip 3nm generasi kedua yang diperkirakan akan  menawarkan konsumsi daya berkurang setengahnya dan mempunyai peningkatan kinerja sebesar 30 persen.

Samsung-Chip-3nm

[Sumber: Korean Herald]

Selain itu, Samsung juga akan menggandeng mitra untuk pengoptimalan aplikasi mereka dengan dukungan teknologi Samsung. Kyung Kye-hyun selaku CEO of Samsung chip business division menyampaikan bahwa produksi chip 3nm terbaru adalah tonggak sejarah bagi bisnis Samsung.

“Pada saat teknologi FinFET mendekati batasnya, kami telah berhasil mengembangkan teknologi GAAFET sebagai alternatif lebih awal dari yang lain. Ini adalah hasil dari inovasi,” ujarnya.

Dengan chip 3nm buatan Samsung ini, pasar chip kini semakin bersaing. Di samping ada perusahaan chip yang telah menguasai pasar global sebesar 50 persen yaitu TMSC, Samsung pun perlahan mulai menunjukkan kemampuannya.

Tinggalkan Komentar