Tips dan Trik

Cara Membuat, Melihat, dan Menghapus Bookmark di Twitter

Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - Header

Gadgetren – Salah satu cara yang dapat ditempuh supaya informasi menarik lebih mudah ditemukan kembali adalah menggunakan bookmark.

Twitter untungnya juga memiliki fitur yang memungkinkan hal tersebut. Dengan menggunakan fitur bookmark, kita kini dapat menyimpan sementara waktu cuitan-cuitan yang belum sempat kita balas.

Kita pun tak perlu takut akan kehilangan informasi yang dirasa penting untuk pemakaian di masa depan. Seperti apa yang kita tahu, menyelami kembali sebuah cuitan di Twitter tentu bukan hal yang mudah terutama jika sudah terlalu lama sejak waktu penerbitan. Belum lagi jika pengguna yang mengunggahnya sangat rajin membuat postingan.

Fitur bookmark dapat menjadi solusi untuk hal itu. Kita dalam hal ini bahkan tak perlu lagi menyelami akun secara satu per satu untuk mencari cuitan-cuitan tersebut karena Twitter akan mengumpulkannya ke dalam satu tempat.

Ditambah lagi, membuat atau menghapus bookmark di Twitter sangat mudah untuk dilakukan. Tim Gadgetren telah merangkum hal itu dalam penjelasan berikut supaya kamu yang belum tahu dapat mempelajari bagaimana cara melakukannya.

Cara Menggunakan Fitur Bookmark di Twitter

Membuat Bookmark

  1. Login ke aplikasi Twitter di handphone
  2. Cari cuitan yang ingin disimpan
  3. Ketuk ikon Share di cuitan tersebut
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 1
  4. Pilih Bookmark
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 2

Setiap cuitan yang kita bookmark akan bersifat pribadi. Artinya, hanya dapat kita akses lewat akun Twitter milik sendiri. Jadi kita tak perlu khawatir berbagai macam informasi yang tersimpan bakalan diketahui oleh pengguna lain.

Melihat Bookmark

  1. Masuk ke aplikasi Twitter
  2. Ketuk foto avatar di pojok kiri atas
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 3
  3. Cari dan pilih Bookmarks
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 4

Sesuai dengan apa yang saya sebutkan sebelumnya, semua cuitan yang di-bookmark bakalan disimpan ke dalam satu tempat. Kita secara khusus dapat melihatnya dengan menggunakan beberapa langkah di atas.

Menghapus Bookmark Satu per Satu

  1. Buka halaman Bookmarks menggunakan cara di atas
  2. Cari cuitan yang mau dihapus dari Bookmark
  3. Ketuk tombol Share di cuitan tersebut
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 5
  4. Pilih Delete Bookmark
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 6

Apabila sudah tidak diperlukan seperti cuitan telah dibalas, kita pun dapat merampingkan daftar bookmark dengan cara menghapusnya. Kita dalam hal ini tak hanya bisa melakukannya satu per satu melainkan juga secara keseluruhan jika diinginkan.

Menghapus Bookmark Secara Keseluruhan

  1. Masuk ke halaman Bookmarks
  2. Ketuk More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 7
  3. Pilih Clear all Bookmarks
    Cara Membuat dan Menghapus Bookmark Twitter - 8

Setelah mengetuk tombol Clear all Bookmarks, seluruh cuitan di halaman Bookmarks akan terhapus. Jadi sebaiknya kita mempertimbangkan secara matang-matang apakah ada yang masih penting atau tidak sebelum menggunakan opsi ini.

Tinggalkan Komentar