ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Reset Komputer Windows 11 Saat Mengalami Masalah

Cara Reset Windows 11 -Header

Gadgetren –  Salah satu cara untuk mengatasi komputer yang bermasalah adalah melakukan reset atau pengaturan ulang sistem operasi di dalamnya. Hal ini pun berlaku untuk Windows 11.

Dengan melakukan reset ulang sistem operasi, komputer nantinya akan kembali ke setelan pabrik. Berbagai aplikasi bawaan maupun pihak ketiga, pengaturan, hingga data-data di partisi tertentu bakal ikut terhapus.

Kita makanya bisa menggunakan opsi reset ulang ini terutama ketika komputer mengalami masalah setelah memasang aplikasi dari pihak ketiga, mengunduh berkas dari situs berbahaya, atau mengubah pengaturan sistem.

Namun perlu diperhatikan untuk selalu mencadangkan data-data penting khususnya yang tersimpan di partisi C: atau sistem sebelum melakukan reset. Ini dilakukan sebagai tindak jaga-jaga walaupun memang kini Windows memang menyediakan metode reset yang lebih spesifik untuk bagian sistem saja.

Pastinya reset ulang nanti akan menghapus aplikasi, data, atau pengaturan yang menjadi penyebab masalah di komputer tersebut. Jadi perangkat pun bisa kembali dipakai secara normal meskipun perlu sedikit penyetelan seperti waktu masih baru.

Reset ulang juga bisa digunakan untuk memastikan masalah memang hanya sekedar di sisi software atau justru akibat hardware. Sama seperti Windows 10, opsi reset ulang di komputer berbasis Windows 11 juga terdapat di bagian pengaturan. Kita bisa menggunakannya kurang lebih seperti beberapa langkah berikut.

Cara Reset Windows 11

Lewat Pengaturan

  1. Hubungkan komputer dengan pengisi daya
  2. Tekan tombol Start Windows
  3. Pilih Settings
  4. Masuk ke tab System
  5. Buka menu Recovery
  6. Cari bagian Recovery options
  7. Ketuk tombol Reset PC pada opsi Reset this PC
  8. Pilih Keep my files atau Remove everything
  9. Pilih Cloud download atau Local reinstall
  10. Tinjau ulang proses reset yang mau dilakukan
  11. Klik Change settings untuk membuat pengaturan tambahan
  12. Ketuk tombol Next
  13. Di jendela Ready to reset this PC, klik Reset
  14. Masukan recovery key jika diminta

Ada dua pilihan reset yang disediakan oleh Windows 11. Termasuk di antaranya Keep my files jika hanya ingin menghapus aplikasi dan pengaturan tetapi masih mempertahankan data personal yang tersimpan di tempat seperti Document serta Remove everything untuk menghapus seluruhnya.

Selain itu, kita juga dapat menentukan apakah reset akan dilakukan dengan mengunduh versi sistem operasi paling mutakhir dari layanan cloud Microsoft (Cloud download) atau hanya mau memakai berkas instalasi lokal (Local reinstall).

Perlu diingat bahwa pilihan pertama akan membuat proses semakin lama karena harus mengunduh terlebih dahulu. Akan tetapi kemungkinan akan menjadi solusi yang lebih baik jika kesalahan berasal dari sistem operasi itu sendiri karena nantinya akan memasang versi paling mutakhir.

Di sisi lain, reset ulang Windows 11 juga dapat dilakukan lewat halaman Sign-in. Metode ini bisa dipertimbangkan jika kita tidak dapat membuka halaman pengaturan komputer karena masalah yang terjadi.

Lewat Halaman Sign-in

  1. Tekan tombol Start Windows dan L jika sudah masuk ke sistem
  2. Tekan dan tahan tombol Shift
  3. Ketuk tombol Power
  4. Pilih Restart
  5. Tunggu sampai komputer memuat ulang sistem dan masuk ke Windows Recovery Environment (WinRE)
  6. Di halaman Choose an option, pilih Troubleshoot
  7. Klik Reset this PC
  8. Ikuti proses reset seperti metode sebelumnya

Apabila masalah membuat komputer blank dan berlayar hitam, kita pun bisa melakukan reset dengan memaksa perangkat masuk ke Windows Recovery Environment (WinRE). Kita bisa melakukannya sebagaimana mana langkah berikut.

Jika Blank/Layar Hitam

  1. Tekan tombol Daya sampai komputer benar-benar mati
  2. Nyalakan kembali
  3. Setelah masuk ke halaman pertama (misal logo manufaktur), tekan tombol Daya sampai mati lagi
  4. Ulangi sampai tiga kali
  5. Di siklus ketiga, komputer akan masuk ke Windows Recovery Environment (WinRE)
  6. Pilih Advanced options
  7. Pilih Choose an option
  8. Pilih Troubleshoot
  9. Pilih Reset this PC
  10. Lanjutkan proses reset seperti metode pertama

Supaya komputer bisa digunakan secara lebih baik, lakukan pengecekan pembaruan Windows setelah melakukan reset ulang untuk memastikan versi yang digunakan sudah yang paling mutakhir. Kita bisa melakukannya lewat Settings > Windows Update dan mengetuk Check for updates.

Cek juga apakah ada driver yang belum terpasang atau tidak. Tekan tombol Start Windows lalu cari Device Manager. Pastikan tidak ada bagian Other devices yang biasanya akan memuat peranti keras tanpa driver.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar