Mading

Mengenal Slot SIM Card Hybrid yang Banyak Dipakai Handphone Masa Kini

Mengenal SIM Card Hybrid - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Kebanyakan handphone masa kini dilengkapi dengan dukungan SIM Card ganda di mana biasanya diletakkan dalam satu soket yang sama dengan kartu Micro SD menggunakan sebuah pelat khusus.

Berbeda dengan dulu, handphone-handphone di masa sekarang soalnya secara umum sudah mengusung desain unibodi yang mana penutup belakangnya tidak bisa dibuka sehingga perlu dibuat soket khusus di bagian samping untuk meletakkan SIM Card maupun Micro SD.

Setiap manufaktur hanya saja menggunakan desain pelat yang berbeda-beda dalam merancang tempat kartu supaya bisa dipakai di soket tersebut. Termasuk di antaranya ada yang menggunakan slot SIM Card bertipe hybrid atau hibrida.

Slot SIM Card hybrid biasanya dipakai jika manufaktur ingin merampingkan bodi perangkat atau tidak mempunyai ruang yang cukup besar. Ukurannya secara umum bakalan lebih kecil daripada tipe dedicated atau terdedikasi.

Pemakaian slot SIM Card bertipe hybrid tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan di sisi pengguna. Buat kamu yang penasaran, mari kota berkenalan dengan tipe tempat kartu handphone tersebut dalam penjelasan berikut.

Mengenal Apa Itu Slot SIM Card Hybrid

Secara sederhana, slot hybrid merupakan tipe tempat kartu yang mempunyai dua fungsi berbeda. Biasanya dipakai untuk menggabungkan antara SIM Card kedua dan Micro SD supaya desain soket dan pelatnya bisa lebih ringkas.

Soket yang memanfaatkannya secara umum hanya akan mempunyai dua tempat kartu saja di mana terdiri dari SIM Card 1 dan slot hybrid itu sendiri. Jadi nanti kita bisa memilih untuk menggunakan dua nomor bersamaan atau mengganti SIM Card 2 dengan Micro SD sesuai dengan kebutuhan.

Ketersediaan tempat kartu pada soket dengan slot bertipe hybrid ini menjadi pembeda utama dari tipe dedicated yang menawarkan SIM Card 1, SIM Card 2, dan Micro SD secara terpisah-pisah sehingga bisa dipakai secara bersamaan.

Handphone dengan slot SIM Card bertipe hybrid tentu saja akan kurang cocok jika kita mempunyai dua nomor telepon aktif tetapi juga ingin menggunakan Micro SD. Untungnya, banyak perangkat masa kini yang sudah membawa dukungan media penyimpanan internal berukuran cukup besar.

Kalaupun benar-benar membutuhkan ketiganya secara bersamaan, ada aksesori tambahan bernama SIM Card Extender yang memungkinkan hal itu. Kita bisa membelinya secara terpisah di beberapa toko atau marketplace dengan harga cukup murah.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar