ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Kenapa Tiba-Tiba Muncul “This Song Is Currently Unavailable” di Instagram?

Kenapa This Song Is Currently Unavailable Instagram - Header

Gadgetren – Ada beberapa alasan kenapa pesan “This song is currently unavailable” bisa tiba-tiba muncul saat kita menggunakan layanan Instagram, khususnya ketika mengakses fitur Reels.

Beberapa alasan tersebut pun nantinya akan mempengaruhi bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan agar layanan Instagram bisa kembali normal di mana biasanya masing-masing membutuhkan solusi berbeda-beda.

Pesan “This song is currently unavailable” sebenarnya menandakan bahwa pilihan musik yang kita gunakan sedang tidak tersedia. Oleh karena itu biasanya akan diikuti dengan suara lagu di Instagram Reels yang turut menghilang saat diputar.

Kita pun tak perlu panik ketika pesan “This song is currently unavailable “ di Instagram muncul. Kita dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan beberapa cara yang tersedia sesuai penyebabnya karena masalah ini terbilang cukup lazim ditemui.

Adapun buat kamu yang sedang mencari-cari solusi untuk masalah “This song is currently unavailable” di Instagram, berikut penjelasan mengenai beberapa penyebab dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya.

Kenapa Pesan “This Song Is Currently Unavailable” Muncul?

Masalah Distribusi Lagu

Pustaka lagu di layanan Instagram bakal berubah setiap waktu. Hal ini disebabkan oleh distribusi yang bisa berganti-gantian mengikuti kebijakan wilayah, hak cipta, hingga keputusan dari label rekaman atau musisinya sendiri.

Masalah pesan ”This song is currently unavailable “ di Instagram salah satu di antaranya bisa disebabkan oleh hal yang satu ini sehingga kita tidak bisa melakukan apa-apa. Bisa jadi lagu yang kita pilih memang belum didistribusikan di Indonesia atau ditarik kembali oleh label maupun musisinya.

Jika pesan ternyata muncul akibat masalah distribusi ini, maka kita tidak bisa berbuat banyak selain menunggu keputusan dari platform, label rekaman, maupun musisi untuk membawa lagu terkait supaya bisa dipakai di Instagram.

Bug Aplikasi Atau Layanan Instagram

Selain masalah distribusi, penyebab umum masalah “This song is currently unavailable” di Instagram berikutnya disebabkan oleh bug dari aplikasi maupun layanan itu sendiri. Setiap pengembangan sistem soalnya tak akan terlepas dari hal ini.

Kita bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan pembaruan Instagram melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple Apps Store sesuai handphone yang digunakan jika sudah tersedia. Versi terbaru aplikasi umumnya membawa perbaikan dan peningkatan dari sebelumnya yang diperlukan untuk membuat pengalaman lebih baik.

Data Tidak Akurat

Namun apabila pembaruan belum tersedia, kita pun bisa mencoba beberapa hal seperti membersihkan cache atau cookie, login ulang, copot-pasang aplikasi, hingga mencari koneksi internet yang lebih baik supaya masalah “This song is currently unavailable” di Instagram bisa teratasi.

Seperti halnya layanan berbasis koneksi internet secara umum, penumpukan cache dan data aplikasi juga bisa menjadi penyebab sejumlah masalah di Instagram. Termasuk dalam hal ini munculnya pesan “This song is currently unavailable” yang menyebabkan lagu tidak bisa digunakan pada konten Reels.

Jenis Akun Atau Konten Tidak Sesuai

Instagram secara khusus mempunyai beberapa jenis akun yang bisa kita pakai, meliputi pribadi, bisnis, hingga kreator. Kita pun bisa berganti-ganti dari satu ke yang lain maupun sebaliknya dengan sangat mudah sesuai kebutuhan.

Namun ini tidak menutup kemungkinan beberapa pengguna lupa untuk menggunakan akun yang sesuai. Koleksi lagu dengan hak cipta sayangnya tersedia secara terbatas untuk profil pribadi. Instagram soalnya hanya membuat perjanjian pemakaian dengan label atau musisi untuk kepentingan pribadi dan non-komersial.

Dengan begitu, kita bahkan tidak bisa memakai lagu pada konten-konten tertentu walaupun sempet mendengarnya pada Reels tertentu. Instagram pun akan mencoba mendeteksi apakah unggahan yang kita buat sudah sesuai atau belum dengan kebijakan yang ada atau belum.

Beralih ke akun pribadi dan mengunggah konten-konten yang tepat maka sebebat itu dapat menjadi solusi yang bisa ditempuh ketika muncul pesan ”This song is currently unavailable “ di Instagram.

Itulah beberapa menyebab yang membuat suatu lagu tidak bisa digunakan saat ingin membuat konten Reels dimana masalah distribusi paling sering terjadi layaknya layanan serupa lain. Namun tidak ada salahnya untuk mengecek beberapa penyebab lain untuk memastikan apa memang tidak tersedia atau akibat hal lainnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar